Semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan pedoman pemersatu masyarakat adalah

Semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan pedoman pemersatu masyarakat adalah

Jawaban :

Bhinneka Tunggal Ika.

Penjelasan :

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan Negara Indonesia. Adanya berbagai suku, agama, ras, hingga budaya yang ada di Indonesia membuat Bangsa Indonesia kaya akan keberagaman, dan kita semua sebagai warga negaranya harus menghargai hal tersebut.

Bhinneka Tunggal Ika terdiri dari tiga kata yang berasal dari Jawa Kuno dan memiliki arti berbeda, Bhinneka berarti beraneka atau beragam, Tunggal memiliki makna satu, dan Ika adalah itu. Sehingga dapat dikatakan bahwa arti Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Makna dari kalimat tersebut adalah meskipun ada berbagai keragaman yang dimiliki Indonesia tetapi jiwa dan semangat untuk menjujung tinggi persatuan dan kesatuan tetap ada. Awalnya semboyan tersebut hanya digunakan untuk toleransi antara Umat Hindu dan Buddha tetapi setelah dijadikan semboyan Bangsa Indonesia arti Bhinneka menjadi lebih luas, tidak hanya agama saja namun termasuk juga ras, suku, golongan, hingga adat istiadat.

Maka dapat disimpulkan bahwa semboyan bangsa Indonesia yang dijadikan pedoman pemersatu masyarakat adalah Bhinneka Tunggal Ika.

Check Also

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya …. A. Jakarta Informal Meeting B. Pasukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.