Bagaimana sikap yang dapat kita lakukan untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah di Indonesia?

Bagaimana sikap yang dapat kita lakukan untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah di Indonesia?

Jawaban :

Dengan menghargai dan mempelajari kebudayaan dan adat istiadat daera, tetap memakai bahasa daerah sebagai bahasa ibu, terutama di lingkungan keluarga dan daerah sekitar, dan mengadakan dan ikut serta dalam berbagai kegiatan budaya dan adat istiadat daerah.

Pembahasan :

Kebudayaan daerah adalah unsur kebudayaan yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum atau suku di daerah tertentu. Selain itu budaya daerah dapat didefinisikan juga sebagai sebuah karya yang memiliki nilai estetika dan keteguhan terhadap tradisi. Setiap budaya yang berkembang dan dilestarikan di berbagai daerah Indonesia, merupakan sumber utama bagi budaya Indonesia atau budaya nasional.

Berikut merupakan sikap yang dapat kita lakukan untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah di Indonesia:
1. Menghargai dan mempelajari kebudayaan dan adat istiadat daerah.
2. Tetap memakai bahasa daerah sebagai bahasa ibu, terutama di lingkungan keluarga dan daerah sekitar.
3. Mengadakan dan ikut serta dalam berbagai kegiatan budaya dan adat istiadat daerah.

Dengan demikian, sikap yang dapat kita lakukan untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah di Indonesia adalah dengan menghargai dan mempelajari kebudayaan dan adat istiadat daera, tetap memakai bahasa daerah sebagai bahasa ibu, terutama di lingkungan keluarga dan daerah sekitar, dan mengadakan dan ikut serta dalam berbagai kegiatan budaya dan adat istiadat daerah.

Tinggalkan komentar