Bangsa Indonesia dijamin kebebasan memeluk salah satu agama yang di akui pemerintah dan menjalan kan ibadah sesuai dengan agama yang dianut nya, oleh karena itu dalam menerapkan nilai ketuhanan kita tidak boleh

Bangsa Indonesia dijamin kebebasan memeluk salah satu agama yang di akui pemerintah dan menjalan kan ibadah sesuai dengan agama yang dianut nya, oleh karena itu dalam menerapkan nilai ketuhanan kita tidak boleh…

Jawaban :

Dalam menerapkan nilai ketuhanan kita tidak boleh mencela orang lain yang memiliki perbedaan atau keyakinan, mengganggu teman yang sedang beribadah, dan lainnya.

Penjelasan :

Sebagaimana yang tertuang dalam nilai-nilai pancasila, kehidupan bangsa Indonesia yang sejak dahulu merupakan bangsa yang yakin akan Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu pemerintahan Indonesia juga dilandaskan pada nilai ketuhanan dan membebaskan seluruh rakyatnya dalam memeluk kayakinan maupun agama kepercayaanya masing-masing.

Dengan keragaman agama yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, maka perlu penanaman sikap toleransi dan saling menghargai antar sesama umat Bergama agar kehidupan senantiasa harmonis, rukun dan damai.

Berikut beberapa perilaku yang tidak mencerminkan nilai ketuhanan pada pancasila yaitu:
1. Mencela orang lain yang memiliki perbedaan atau keyakinan
2. Memaksakan kehendak kepada orang lain untuk memeluk keyakinan atau agama tertentu
3. Mengganggu teman yang sedang beribadah
4. Menghina orang lain yang tidak seagama dengan kita
5. Tidak menghargai dan menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai dengan agama maupun keyakinannya
5. Tidak mau menjalankan perintah agama sesuai kepercayaan masing-masing

Dengan demikian, dalam menerapkan nilai ketuhanan kita tidak boleh mencela orang lain yang memiliki perbedaan atau keyakinan, mengganggu teman yang sedang beribadah, dan lainnya.

Check Also

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya

Untuk mendamaikan pertikaian di Kamboja, Indonesia menggagas terbentuknya …. A. Jakarta Informal Meeting B. Pasukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.