Cara Merakit Amplifier untuk Corong TOA Terbaru

Cara Merakit Amplifier untuk Corong TOA Terbaru

Merakit Amplifier untuk Corong TOA – Karena berbagai faktor sering kali saat kita memakai speaker corong toa tidak sesuai dengan yang kita inginkan.

Yaitu saat kita memakai amplifier rakitan sendiri meski ada power build up yang memang khusus untuk corong toa. Mungkin karena faktor biaya yang minim atau karena kemampuan power toa yang kurang memadai, sehingga dengan cara merakit power toa sendiri lebih menghemat biaya dan hasilnya lebih akan baik.

Kali ini saya akan membagikan hasil rakitan saya dalam merakit amplifier untuk corong toa dengan hasil yang lumayan bagus dan suara yang lantang.

Dasarnya saya memakai amplifier OCL 150 w atau 400 w Sanken. Dengan memakai transistor jengkolan MJE 3055 dan MJE 2955 atau tipe lainya. pesanan digunakan untuk menangani speaker monitor ruangan dan corong toa.

Cara Merakit Amplifier untuk Corong TOA

Berikut ini saya akan berbagi cara merakit ampli yang bisa menjadi refrensi saat akan merakit amplifier corong toa untuk masjid.

  1. Kita membutuh dua amplifier untuk menangani dua arah dan frekuensi yang berbeda. Pada bagian speaker dalam saya memakai transistor Toshiba sebanyak 2 buah karena kata monitor ruangan yang digunakan 2 speaker.
  2. Pada corong toa bagian atas, driver amplifier memakai driver Sanken 400 w. tapi pada bagian transistor memakai 4 sett transistor jengkol MJE 3055 sekaligus agar kerjanya lebih ringan. Pada komponen transistor bisa memakai transistor lain yang lebih simple dalam perakitanya. Karena kita tahu bahwa saat merakit transistor final tipe jengkol akan sangat ribet dalam hal tata letak atau keamanannya.
  3. Kunci dari perakitan amplifier untuk corong toa adalah pada pengaturan frekuensi yang dihasilkan oleh pre amplifier dari premic.
  4. Setelah dari premic kita juga memakai tone control yang memakai midle untuk penguatan frekuensi tengahnya. Sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih kuat pada midle dan bisa memotong pada bagian bass.
  5. memakai ehco dengan 4 input, bila tidak ingin memakai eco bisa membeli yang lebih gampang yaitu penguat mic toa.
  6. Pada bagian AUX gunakan volume sendiri tanpa melewati PM mic karena akan mengakibatkan suaranya pecah jika musik memakai premic. Terlebih lagi jika langsung ke tone control tidak akan bereffeck oleh echo.
  7. Pada bagian AUX langsung yang menuju tone control. Dengan cara membatasi input ke tone control memakai resistor 10k ohm. Misalnya pada out echo atau premic sebelum masuk ke tone control yang dibatasi oleh resistor 10k ohm. Tujuannya supaya ketika dinyalakan secara bersamaan tidak ada sinyal yang terpengaruh oleh masing masing tone control seperti pada mixer.
  8. Agar semuanya dapat diatur maka kita perlu membuat volume speaker atas dan bawah supaya dapat digunakan pada dua sesi, atau juga bisa memakai balance.
  9. Bila mungkin antara monitor dan speaker corong toa atas bisa mengguakan tone control sendiri sendiri sehingga suara yang dihasilkan speaker bawah lebih jernih tanpa terpengaruh oleh nada tone pada speaker atas. Atau juga bisa dibilang memakai crossover aktif dua jalan. Untuk monitor bawah bisa memakai tone contro bass trible saja sudah cukup jernih dan minim feedback.
  10. Trafo memakai merek ERA 5A 32 volt. Elco memakai 10.000 80 volt dua buah.
  11. Agar speaker tahan lama, gunakan speaker protektor untuk menghindari lonjakan out speker disaat pertama kali dinyalakan. Atau juga bisa menambahkan capasitor starter dibagian input 220v. Capasitor ini sering digunakan di rangkaian ac matic, atau juga bisa memakai rangkaian soft starter yang ada dipasaran.

Akir Kata

Sekian informasi yang kami bagikan jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA – Output amplifier TOA ada fitur 100V. Apakah kegunaan …