Pancasila dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 mempunyai hubungan yang bersifat formal dan material hubungan formal antara Pancasila dan pembukaan UUD NRI tahun 1945 adalah

Pancasila dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 mempunyai hubungan yang bersifat formal dan material hubungan formal antara Pancasila dan pembukaan UUD NRI tahun 1945 adalah

Jawaban :

Pancasila dijadikan dasar dalam penyelenggaraan negara, serta sebagai norma positif. Pancasila memiliki kedudukan yang kuat dan tidak dapat diubah. Sedangkan Pembukaan UUD 1945 berkedudukan sebagai tertib hukum tertinggi.

Soal menanyakan tentang pancasila dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 mempunyai hubungan yang bersifat formal dan material hubungan formal antara Pancasila dan pembukaan UUD NRI tahun 1945 adalah.

Penjelasan :

Pancasila merupakan dasar filsafat negara yang termuat dalam Pembukaan UUD 1945. Artinya setiap hal dalam konteks penyelenggaraan negara harus sesuai dengan nilai Pancasila, termasuk peraturan, perundang-undangan, pemeritahan, sistem demokrasi, dan lainnya. Maka dapat disimpulkan jika hubungan antara Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 merupakan hubungan yang sifatnya formal. Artinya Pancasila dijadikan dasar dalam penyelenggaraan negara, serta sebagai norma positif. Pancasila memiliki kedudukan yang kuat dan tidak dapat diubah. Sedangkan Pembukaan UUD 1945 berkedudukan sebagai tertib hukum tertinggi.

Dengan demikian, pancasila dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 mempunyai hubungan yang bersifat formal dan material hubungan formal antara Pancasila dan pembukaan UUD NRI tahun 1945 adalah >> pancasila dijadikan dasar dalam penyelenggaraan negara, serta sebagai norma positif. Pancasila memiliki kedudukan yang kuat dan tidak dapat diubah. Sedangkan Pembukaan UUD 1945 berkedudukan sebagai tertib hukum tertinggi.

Tinggalkan komentar