Konsep yang terdapat pada pembangunan masjid istiqlal dan gereja katedral yang dibangun secara berdekatan adalah

Konsep yang terdapat pada pembangunan masjid istiqlal dan gereja katedral yang dibangun secara berdekatan adalah

Jawaban :

Untuk melambangkan semangat persaudaraan, persatuan, dan toleransi beragama sesuai dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

Pembahasan :

Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan nilai toleransi yang tinggi, dimana masyarakat di Indonesia amat menghargai indahnya perbedaan. Di Jakarta, keindahan toleransi tersebut salah satunya disimbolkan dengan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang dibangun secara berdekatan.

Sejak pertama kali dicetuskan gagasan untuk membuat masjid terbesar di Indonesia, Presiden Soekarno memiliki ide untuk membangun Masjid Istiqlal secara berdekatan dengan Gereja Katedral yang telah dibangun lebih dulu pada tahun 1901.Dimana saat itu, Soekarno menghendaki Masjid Istiqlal dibangun berdampingan dengan Gereja Katedral untuk melambangkan semangat persaudaraan, persatuan dan toleransi beragama sesuai dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

Dengan demikian, konsep yang terdapat pada pembangunan masjid istiqlal dan gereja katedral yang dibangun secara berdekatan adalah untuk melambangkan semangat persaudaraan, persatuan, dan toleransi beragama sesuai dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

Tinggalkan komentar