Nama bahasa daerah, rumah adat, tarian daerah, pakaian daerah suku batak adalah

Nama bahasa daerah, rumah adat, tarian daerah, pakaian daerah suku batak adalah

Jawaban :

Nama bahasa daerah suku Batak : Batak Alas, Batak Angkola, Batak Dairi/Pakpak (Singkil), Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Toba.
Rumah adatnya : Rumah Balai Batak Toba, rumah Bolon.
Tarian daerah : tari tortor, tari piso surit, tari serampang duabelas dan tari sigale-gale
Pakaian daerah: ulos.

Penjelasan :

Suku Batak merupakan suku bangsa terbesar ketiga di Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara. Di Sumatera Utara, Suku Batak mendiami beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Karo, Simalungun, Dairi, Tapanuli Utara, dan Asahan. Sub etnis yang paling dikenal adalah Suku Batak Toba, sehingga banyak orang yang mengira bahwa hanya Suku Batak Toba yang dianggap sebagai Suku Batak. Batak merupakan suku yang tinggal di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Bahasa daerah yang digunakan suku batak ialah Batak Alas, Batak Angkola, Batak Dairi/Pakpak (Singkil), Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Toba.

Rumah adat yang digunakan dinamakan dengan rumah Balai Batak Toba, rumah Bolon. Tarian yang digunakan dalam kesehariannya ialah tari tortor, tari piso surit, tari serampang duabelas dan tari sigale-gale. Dan pakaian yang digunakan bernama ulos. Mayoritas orang Batak beragama Kristen dan sebagian lainnya beragama Islam. Untuk menentukan seorang Batak berasal dari keturunan mana, mereka menggunakan Torombo. Dengan Torombo seorang Batak mengetahui posisinya dalam sebuah marga.

Jadi, jawabannya seperti yang sudah dicantumkan diatas.

Tinggalkan komentar