Siapakah istri Nabi Ibrahim A.S. yang diberitahukan tentang rencana penyembelihan Nabi Ismail?

Siapakah istri Nabi Ibrahim A.S. yang diberitahukan tentang rencana penyembelihan Nabi Ismail?

Jawaban:

Siti Hajar

Pembahasan:

Kisah qurban Nabi Ismail terjadi ketika umur beliau sekitar 14 tahun. Pada saat itu, Nabi Ibrahim telah diperbolehkan oleh Allah untuk berkumpul dengan keluarganya di lembah dekat Baitullah yang sudah semakin ramai. Nabi Ismail tumbuh menjadi pemuda yang tampan, cerdas, berbudi luhur dan sangat menyayangi kedua orang tuanya. Nabi Ibrahim pun sangat mencintai dan membanggakannya. Akan tetapi, kekayaan dan anak tidak membuat Nabi Ibrahim lalai akan Allah. Justru beliau mendapatkan gelar khalilullah atau kekasih Allah berkat ketakwaan yang tinggi. Disebutkan bahwa Nabi Ibrahim pernah mengatakan rela untuk menyerahkan semua harta termasuk anak kesayangan beliau apabila Allah menginginkan. Oleh sebab itu, datanglah ujian untuk menyembelih Ismail melalui mimpi.

Peristiwa penyampaian mimpi Nabi Ibrahim kepada Ismail diabadikan dalam surat As Saffat ayat 102. Atas ketaatannya akan perintah Allah, Nabi Ismail ikhlas untuk disembelih oleh ayahnya.
Sebelum hari pelaksanaan, Nabi Ibrahim seringkali diganggu oleh para setan. Mereka berusaha menghasut beliau untuk membatalkan niat dan mengingkari perintah Allah.
Demi mengusir mereka, Nabi Ibrahim melemparkan batu sembari berseru “Bismillahi Allahu Akbar”. Peristiwa tersebutlah yang menjadi cikal bakal prosesi lempar jumrah dalam ibadah haji.

Singkat cerita, ketika proses penyembelihan akan dilakukan, Allah mengganti Nabi Ismail dengan hewan sembelihan yang berukuran besar. Peristiwa tersebut termuat dalam surat As Saffat ayat 107 sampai 110. Perintah penyembelihan tersebut sangatlah agung sampai membuat malaikat Jibril takjub sambil mengucap “Allahu Akbar” sebanyak 3 kali.
Kalimat takbir tersebut dijawab oleh Nabi Ibrahim dengan “Lailahaillahu Allahu Akbar” lalu disambung “Allahu Akbar Walilahil Hamdu” oleh Nabi Ismail.

Tinggalkan komentar