Yang di sebut sebagai tokoh antagonis dan protagonis adalah

Yang di sebut sebagai tokoh antagonis dan protagonis adalah …

Jawaban :

Tokoh antagonis adalah tokoh yang digambarkan berwatak buruk yang biasanya menjadi musuh dari tokoh protagonis, sedangkan tokoh protagonis adalah tokoh yang digambarkan memiliki watak baik dan bersifat positif yang banyak disukai banyak orang.

Pembahasan :

Setiap teks seperti cerpen dan novel termasuk jenis teks prosa fiksi. Prosa fiksi adalah kisah yang memiliki pemeran, latar, serta tahapan rangkaian peristiwa yang dihasilkan oleh imajinasi penulisnya sehingga menjalin suatu kesatuan kisah. Unsur intrinsik teks cerita prosa di antaranya tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, dan amanat. Tokoh adalah orang yang berperan atau yang menjadi pelaku dalam sebuah cerita. Karakter atau sifat dari seorang tokoh disebut penokohan. Tujuan diciptakannya suatu penokohan adalah untuk menghidupkan jalan cerita dari tokoh atau pelaku.

Beberapa jenis penokohan cerita adalah:
1. Protagonis.
Tokoh ini digambarkan memiliki watak baik dan bersifat positif yang banyak disukai banyak orang.
2. Antagonis.
Tokoh yang digambarkan berwatak buruk yang biasanya menjadi musuh dari tokoh protagonis.
3. Tritagonis.
Tokoh yang digambarkan sebagai seseorang yang bersifat netral, terkadang bisa berpihak kepada tokoh protagonis, begitu pula sebaliknya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tokoh antagonis adalah tokoh yang digambarkan berwatak buruk yang biasanya menjadi musuh dari tokoh protagonis, sedangkan tokoh protagonis adalah tokoh yang digambarkan memiliki watak baik dan bersifat positif yang banyak disukai banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.