Cara Melebarkan Layar TV China Kurang Penuh Kiri Kanan

Cara Melebarkan Layar TV China Kurang Penuh Kiri Kanan

Cara Melebarkan Layar TV China Kurang Penuh Kiri Kanan – Gambar kurang lebar dibagian kiri dan kanan biasanya dialami ketika mengganti mesin TV China atau kerusakan terjadi disebuah mesin TV. Memasang mesin baru atau memperbaiki mesin lama permasalahan pasti tidak jauh dari blok bagian horizontal Out. Kali ini saya akan membahas tentang masalah ini.

Disini saya akan membagikan pengalaman selama ini pada saat menemukan keruskan gambar kurang lebar. Pada TV China yang memang sering saya alami pada saat mengganti TV terutama pada ukuran 21 inc. Kebetulan kemarin saya mendapat pesanan untuk mengganti mesin TV Polytron U slim yang mengalami gambar kurang lebar. Sehingga terlintas di pikiran saya untuk membagikan pengalaman ini.

Pada pemakaian mesin WCOM terbaru, terdapat circuit EW. Rangkaian ini memiliki fitur untuk melebarkan layar TV melewati variable resistor H size. Sehingga tidak perlu mengubah komponen dengan cara yang saya bagikan. Yang saya tulis ini bila tidak ada menu untuk melebarkan layar. Yang memang rata rata pada mesin TV China lama tidak ada fitur adjuster H size ini.

Terdapat 4 cara yang bisa kita lakukan untuk melebarkan layar, yakni:

  1. Mengganti capasitor H size
  2. Memakai trafo yoke
  3. Membuat lilitan diferrite FBT
  4. Mengubah lilitan defleksi yoke

Cara Melebarkan Layar TV China Kurang Penuh Kiri Kanan

Berikut cara melebarkan layar tv china :

Mengganti capasitor

Capasitor horizontal yang dimaksud yaitu capasitor bukan C resonant yang terletak di colektor horizontal. Capasitor yang perlu diganti yaitu capasitor yang terletak setelah capasitor resonant yang biasanya ukurannya 680n/684, 470n/474, 150n/154. Atau bila dalam skema tertulis C442. Hati hati jangan sampai salah paham!, Saya pernah mengalami kesalahan ketika mengganti capasitor untuk melebarkan layar.

Kesalahan saya yaitu salah mengganti capasitor resonant, sehingga mengakibatkan kerusakan yang sangat parah karena tegangan FBT menjadi naik. Sehingga transistor horizontal langsung jebol. Yang lebih parahnya, leher tabung sampai langsung patah. Pengalaman pahit ini terjadi dulu pada awal awal belajar. Belajar dari pengalaman saya, jangan sembarangan mengganti capasitor resonant, bila masih mendekati nilai aslinya. Tidak ada masalah tapi bila nilainya sudah jauh dari nilai asli itulah yang berbahaya. Misal pada resonant asli ukurannya 912, dan akan diganti 822j, itu masih bisa ditoleransi. Tapi bila diganti ke 522, transistor horizontal akan langsung koit alias mati.

Hukum Melebarkan Layar Dengan Mengganti Capasitor H size,

(Semakin rendah ukuran capasitor maka layar akan semakin lebur, begitu juga sebaliknya semakin tinggi nilai capasitor layar akan semakin menyempit).

Contoh:

TV China WCOM layar kurang lebar sebelah kiri kanan dengan capasitor size ukuran 684J. Untuk melebarkan layar perlu mengganti capasitor dengan ukuran 474j. Sehingga layar akan bertambah lebar. Bila masih kurang lebar ganti dengan nilai 394J.

Memakai Trafo Yoke

Selain dengan mengganti capasitor H size, yaitu dengan memakai trafo yoke. Trafo yoke berfungsi sebagai lilitan untuk melebarkan layar TV. Ini sering kita lihat di TV rakitan yang memakai CRT monitor komputer.

Pemakaiannya sangat mudah, ini merupakan cara pada saat capasitor yang kita butuhkan tidak ada. Salah satu jalan pintasnya memakai trafo yoke. Meski sebenarnya trafo yoke berfungsi untuk memperbaiki impedance defleksi yoke, tapi cara ini cukup lumayan ampuh untuk melebarkan layar TV.

Cara Memakainya Mudah, Lihatlah Gambar Berikut Ini.

 

Keterangan Gambar:

Warna kabel disesuaikan dengan warna yang ada digambar. PIN no.1 dihubungkan ke kabel biru, kabel merah dihubungkan ke PIN 2 kemudian diputus ke PIN 3, 4, 5. Tergantung impedansi di defleksi yoke.

Membuat Lilitan Di Farrit Flyback

Cara ini mudah untuk dilakukan, bahkan aman dan hemat biaya. Dengan memanfaatkan farrit flyback untuk melilit kabel yang berfungsi melebarkan layar.

Bahan yang dipakai hanya kabel 50 cm, jumlah lilitan disesuaikan sesuai ukuran layar. Yang harus diperhatikan yaitu arah lilitan. Arah lilitan harus searah dengan arah jarum jam dari kabel horizontal out arah lilitan ke kanan. Bila terbalik layar malah akan menyempit. Semakin banyak lilitan layar akan semakin melebar.

Keterangan Gambar

Dari soket horizontal out kabel merah yang menuju farrit flyback dari kiri ke arah kanan. Kemudian menuju ke defleksi yoke. Lilitan biasanya antara 7 hingga 12 lilitan.

Merubah Lilitan Defleksi Yoke

Cara ini sering dilakukan ketika memperbaiki impedansi sebuah defleksi yoke, Meski sebenarnya saya sendiri belum pernah melakukannya dengan cara mengubah lilitan defleksi yoke.

Caranya kita ukur dulu defleksi yoke di bagian horizontal. Kemudian bila impedansi terukur di bawah 1,5 ohm maka perlu mengubah lilitan yang aslinya paralel diubah lilitan menjadi seri hingga mendapatkan nilai diatas 1,5 ohm. Jika cara ini tidak ampuh pakai trafo yoke seperti yang katakan diatas.

Bila 4 jalan cara diatas tidak ampuh juga kemungkinan terdapat kerusakan di defleksi yoke. Kemungkinan ada salah satu lilitan yang putus. Supaya tidak fatal jangan melakukan penggantian C resonant.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang 4 Cara Melebarkan Layar TV China Kurang Penuh Kiri Kanan. Bila bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Servis TV Layar Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

Servis TV Layar Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

Servis TV Layar Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal – Kali ini akan membahas tentang TV …