Pada pagi hari ketika Bima sedang lari pagi di taman, ia melihat Rudi mendorong sepeda karena rantai sepedanya lepas. Latar dari penggalan cerita tersebut adalah

Pada pagi hari ketika Bima sedang lari pagi di taman, ia melihat Rudi mendorong sepeda karena rantai sepedanya lepas. Latar dari penggalan cerita tersebut adalah…
a. tanaman
b. depan rumah
c. pinggir jalan
d. bengkel sepeda

Jawaban :

C. Pinggir jalan

Pembahasan :

Cerpen atau cerita pendek merupakan karya sastra bentuk prosa/narasi yang menceritakan sebuah kisah berdasarkan khayalan/imajinasi. Sesuai dengan namanya, cerpen menjadi karya sastra yang dapat dibaca sekali duduk atau tidak membutuhkan waktu yang lama.

Sebuah cerpen memiliki unsur pembangun yang disebut dengan unsur intrinsik. Unsur tersebut berhubungan dengan isi cerita, seperti: tema, alur, tokoh, penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat.

Latar terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1) latar tempat yang berkaitan dengan lokasi peristiwa dalam cerita,
2) latar waktu yang berkaitan dengan waktu peristiwa terjadi dalam cerita, dan
3) latar suasana yang berkaitan dengan keadaan dalam cerita.

Berdasarkan penjelasan, latar dari penggalan cerita tersebut adalah di pinggir jalan. Latar tersebut sesuai dengan isi cerita, yaitu “ia melihat Rudi mendorong sepeda karena rantai sepedanya lepas.” Secara tersirat, sepeda yang didorong tersebut berada di pinggir jalan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …