Cara Menentukan Kaki Transistor 2N3055 dan MJ2955

Cara Menentukan Kaki Transistor 2N3055 Dan MJ2955 – Kali ini saya ingin membagikan cara menentukan kaki transistor 2N3055 dan pasanganya yakni MJE2955. Perlu kita ketahui sebuah transistor mempunyai 3 kaki yaitu Basis, Colector, dan Emitors. Transistor memiliki dua jenis yakni NPN dan PNP. Transistor 2N3055 merupakan NPN, dirangkaian amplifier kaki Colektor dihubungkan ke positive. Sedangkan transistor MJE2955 merupakan PNP bila dirangkaian amplifier kaki colector dihubungkan ke negative bukan ground.

Cara Menentukan Kaki Transistor 2N3055 dan MJ2955

2N3055 dan MJE2955 adalah transistor yang dipakai sebagai penguat akhir dirangkaian power audio. Bentuknya mirip jengkol putih mengkilap dan menempel pada heatsing atau pendingin. Bagi orang yang belum tahu kaki transistor hanya terlihat ada dua kaki, tapi sebenarnya ada 3 kaki. Kaki satunya yaitu body dari transistor.

Menentukan Kaki Pada Transistor 2N3055 Dan MJE2955

Sebagai orang awam yang belum tahu seluk beluk transistor jengkol, untuk lebih mudahnya saya beri patokan mana basis mana colector dan emitor. Kaki Basis di transistor jengkol terletak dibagian bawah dan berdampingan dengan emitor. Sedangkan colector yaitu body transistor itu sendiri. Kaki emitor berdampingan dengan basis yakni dibawah.

Lebih jelasnya dapat melihat gambar dibawah ini

 

https://www.onsolder.com/2020/02/cara-mengukur-transistor-jengkolan-3055.html

Jika rekan mempunyai AVO meter akan lebih mudah dan lebih memahami kaki transistor. Berikut cara memakai AVO meter untuk menentukan kaki basis, collector, dan emitor ditransistor jengkolan memakai tester analog:

  1. Arahkan fungsi di ohm meter 1 ×.
  2. Tempelkan probe merah disalah satu kaki dibagian bawah
  3. Brobe hitam dibagian body.
  4. Bila jarum bergerak ke kanan berarti kaki yang ditempel probe merah merupakan kaki Basis.
  5. Otomatis setelah ketemu kaki basis berarti, kaki colektor (body transistor), dan emitor berdampingan dengan basis.

Bila probe merah sebagai basis itu berarti transiator ini jenis PNP. Jika probe hitam sebagai basis NPN.

Rekan yang masih ragu tentang letak kaki transistor jengkol berhati hatilah sebelum menghibupkan rangkaian. Karena bisa berakibat transistor mati, bila pemasangan ada pada rangkaian terbalik, jadi cermatlah sebelum menyalakan.

Akan tetapi bila rekan ingin mengganti dengan yang lebih baik kualitasnya. Misal MJ15004 dan MJ15003 posisi kakinya masih sama tinggal bagaimana rekan memahami jenis sepasang transistor ini.

Kaki pada transistor ini sebenarnya sama dengan transistor lain. Hanya saja diposisi kaki transistornya dan bentuk bodynya. Pada transistor plastic urutan kaki basis, colector, emitornya bejejer tapi tidak melibatkan body sebagai konduktor.

Begitulah cara mudah untuk mengetahui kaki transistor 2N3055 dan MJE2955 yang bisa saya sampaikan. Mudah mudahan bisa dipahami bahasa dan tutur kata saya yang tidak sempurna ini. Slamat berekperimen!.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Menentukan Kaki B, C, E Transistor 2N3055 Dan MJ2955. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …