Cara Memperbaiki TV LG Ultra Slim Protek

Cara Memperbaiki TV LG Ultra Slim Protek – Baru kali ini saya mendapatkan servisan untuk memperbaiki TV merek LG Ultra slim. Kata pemilik TV, TV miliknya mengalami gejala kerusakan layarnya bergaris pada bagian atas layar. Tidak lama kemudian saat TV di hidupkan hanya bisa start beberapa detik tanpa mengeluarkan sebercik cahaya lalu mati standby.

Mendengar keluhan berdasarkan gejala kita bisa mempunyai gambaran bagian yang harus kita oprek nantinya. Bisa di tebak bahwa ini adalah kerusakan bagian vertikal, meski TV belum saya buka.

Cara Memperbaiki TV LG Ultra Slim Protek

Saat saya buka terlihat pada jalur VCC IC vertikal yang berasal dari output flyback seperti TV polytron slim. tapi yang membedakan antara LG ultra slim dan TV Polytron Uslim yaitu tegangan output yang di palai. Jika pada Polytron memakai tegangan simetris 12 12V maka pada sistem supply IC vertika. LG Ultra slim hanya memakai satu VCC sebesar 26V yang tertulis pada papan PCB kaki flyback.

Penanganan

Kemudian saya mengganti elco dan melakukan solder ulang pada bagian blok vertikal, tanpa melakukan pengukuran tegangan. saya kira permasalahnya sama seperti Polytron yang biasanya di dominasi karena elco yang mengalami perubahan nilai. Tapi ternyata saya salah, hasil saat TV di nyalakan masih dalam keadaan protek.

Baru kemudian saya sadar pengukuran tegangan memang perlu di lakukan untuk langkah pertama memperbaiki TV LG Ultra slim yang protek. Karena awalnya memang berfikir seperti Polytron.

Pengkuran tegangan pertama kali saya fokus pada VCC 26V yang ternyata setelah saya periksa hanya terukur 1 volt DC. Saat TV dapat start lalu kembali ke mode standby lagi. Pengukuran dilakukan secepat mungkin.

Setelah mengetahui tegangan VCC vertikal mengalami drop saya mencoba mencabut jumper J303 yang menuju ke IC vertikal kemudian TV saya nyalakan. Tegangan terukur 27V DC. Dan sini saya menyimpulkan bahwa ada kerusakan pada bagian vertikal.

Lalu saya langsung menggnati IC vertikal 78141 dengan IC baru. Setelah saya menganti IC langsung manjur. Dan tidak protek lagi.

Sebelum mengganti IC vertikal saya juga mengganti elco C313, C309.

Itulah pengalaman saya saat menservis TV LG U slim yang penting pertama selalu ukur tegangan supaya jelas permasalahannya.

Kata Penutup

Itu saja jika bermanfaat silahkan bagikan dan terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.