Perbaikan tata kalimat “taman ini terkenal pada paragraf tersebut adalahpada waktu itu dari seni arsitekturnya yang sangat indah” pada paragraf tersebut adalah

Cermati paragraf berikut!
Sunyaragi adalah sebuah taman yang dibangun oleh Sultan Cirebon pada tahun 1703. Lokasinya di kampung karang Balong, kelurahan Sunyaragi, kecamatan kesambi, Cirebon. Taman ini terkenal pada waktu itu dari seni arsitekturnya yang sangat indah. Taman ini dulunya dikelilingi danau. Namanya danau jati.

Perbaikan tata kalimat “taman ini terkenal pada paragraf tersebut adalahpada waktu itu dari seni arsitekturnya yang sangat indah” pada paragraf tersebut adalah…
A. Pada waktu itu,. Taman ini terkenal dari seni arsitekturnya yang sangat indah.
B. Seni arsitekturnya yang sangat indah akan dikenal taman ini pada waktu itu.
C. Pada waktu itu, seni arsitekturnya yang sangat indah terkenal dari taman ini.
D. Tari seni arsitekturnya yang sangat indah, pada waktu itu taman ini terkenal.

Jawaban :

Tidak ada jawaban yang tepat. Perbaikan kalimat tersebut adalah “Pada waktu itu, taman ini terkenal dari seni arsitekturnya yang sangat indah.”

Pembahasan :

Kalimat adalah satuan bahasa yang minimal terdiri atas subjek (S) dan predikat (P) yang mempunyai suatu maksud.

Perbaikan tata kalimat menjadi kalimat yang urut dan padu adalah dengan mengurutkan dari subjek, predikat, objek, dan keterangan. Keterangan letaknya bisa di awal maupun akhir kalimat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, susunan kalimat “taman ini terkenal pada waktu itu dari seni arsitekturnya yang sangat indah” tidak padu. Agar menjadi padu diganti menjadi “Pada waktu itu, taman ini terkenal dari seni arsitekturnya yang sangat indah.” Kalimat tersebut terdiri atas susunan yang benar, yaitu:
1. Keterangan waktu terlebih dahulu ‘Pada waktu itu’.
2. Kata ‘taman ini’ sebagai subjek.
3. Kata ‘terkenal’ sebagai predikat.
4. ‘dari seni arsitekturnya yang indah’ sebagai keterangan.

Jadi, tidak ada jawaban yang tepat. Perbaikan kalimat tersebut adalah “Pada waktu itu, taman ini terkenal dari seni arsitekturnya yang sangat indah.”

Tinggalkan komentar