cara memperbaiki setrika mati dan tidak panas

Cara Mudah Memperbaiki Setrika Mati dan Tidak Panas

Cara Memperbaiki Setrika Mati dan Tidak Panas – Sebenarnya memperbaiki setrika sangat mudah, karena komponen di dalamnya hanyalah komponen penghantar panas yaitu hot adjuster, elemen pemanas, dan termostate. Jika rekan ingin memperbaiki setrika sendiri di rumah rekan tinggal bongkar saja jangan takut.

Cara Memperbaiki Setrika Mati dan Tidak Panas

Selain lebih hemat anggaran memperbaiki setrika juga akan menambah pengalaman rekan di bidang kelistrikan. Bila sebelumnya rekan tidak pernah menangani kerusakan pada perangkat elektronik. Dengan catatan kamu harus mempunyai peralataanya sperti AVO Meters atau multitester, dan obeng. Kemudian setelah rekan punya alat tersebut sekarang kita meleangkah ke cara kerja.

Cara Kerja

  1. Untuk mempermudah pemeriksaan Lepaskan semua baut pengunci casing yang biasanya terletak di area belakang setrika.
  2. Pakai multitester dan arahkan fungsi tesrter ke mode Ohm Meter 1×.
  3. Periksa kabel streker 220 AC. Dengan Ohm Meter. Apakah masih tersambung? Jika masih, kita melangkah ke langkah berikutnya.
  4. Periksa thermostate yang berbentuk seperti dioda dan di bungkus kain tahan panas.

Tanda dari termostate ini bila di tes memakai ohm meter jarumnya akan bergerak ke kanan itu berarti masih baik. Jika jarum tidak bergerak itu berarti thermostate mati dan perlu di ganti.

  1. Periksa elemen pemanas yang berbentuk melengkung dan menempel di bodi bawah. Pastikan elemen pemanas ini menyambung sedikit ke resistensinya. Jika di tes memakai tester jarum akan bergerak ke kanan penuh, sedikit resitensi itu berarti elemen normal.
  2. Saklar pemindah level atau level adjuster tidak nyambung dan kendor. Hanya saklar ini yang memang sering di pakai dan biasanya kendor atau karatan sehingga arus listrik terhambat menuju elemen pemanas.

Kesimpulan :

Kerusakan komponen yang sering terjadi pada setrika yaitu kabel streker putus, termostate, dan saklar level hot. Pada elemen pemanas, jarang rusak biasanya rusak karena usia dan seberapa sering setrika di pakai. Jika body setrika nyetrum itu berarti terdapat short dibody misal elemen mengalami short dengan body. Thermostate terkelupas dari kain pelindung atau bahkan kabel yang terbakar sehingga terhubung dengan body setrika.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpana sampaikan tentang Cara Mudah Memperbaiki Setrika Mati dan Tidak Panas. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.