AC Panasonic Mati Sendiri dan Lampu Timer Berkedip

AC Panasonic Mati Sendiri dan Lampu Timer Berkedip

AC Panasonic Mati Sendiri – Panasonic adalah salah satu merk elektronik ternama di dunia,dan salah satu poduk elektronik yang dimiliki adalah AC panasonic yang cukup banyak diguankan.

AC panasonic terkenal memiliki teknologi yang canggih dan dan kualitas yang sangat terjamin. Tidak heran karena Panasonic adalah salah satu brand lama yang mengeluarkan produk AC.

Salah satu fitur  atau kelebihan dari AC Panasonic adalah dapat mematikan AC secara otomatis jika terjadi kerusakan pada komponen AC,ini berguna agar kerusakan tidak merambat ke komponen yang lain.

Karena jika ada komponen yang mengalami kerusakan dan AC terus menyala, makan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada komponen yang lainya. Indikator bahwa ada komponen yang rusak adalah lampu timer yang berkedip kemudian AC mati sendiri.

Penyebab AC Panasonik Mati Sendiri

Lampu timer AC panasonic berkedip dan ac panasonik mati sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan AC panasonic mati sendiri :

AC Kotor

AC indoor dan outdoor yang kotor adalah salah satu penyebab yang paling sering ditemukan kan, Kotoran yang ada pada AC indoor dapat menyebabkan udara dingin terhambat dan bisa menyebabkan sensor suhu AC tidak dapat mendeteksi udara dingin dengan baik di evaporator.

Dan apabila pada AC yang kotor dapat menyebabkan udara panas pada kondensor dan kompresor tidak dapat keluar dengan sempurna karena tertutup oleh kotoran. 

Karena udara panas yang tidak bisa keluar dari kondensor dan kompresor, maka dapat menyebabkan overheating yang dapat merusak kompresor. 

Freon Berkurang atau Habis

Kurangnya freon atau bahkan freon yang habis. adalah salah satu penyebab yang menyebabkan kan AC Panasonic mati sendiri. Ketika AC kekurangan freon atau kehabisan freon maka evaporator indoor AC makan berkurang, jadi ini menyebabkan thermistor AC menjadi tidak bisa mendeteksi udara dingin dan menyebabkan AC melakukan proteksi yang kemudian ditandai dengan lampu timer yang menyala dan berkedip. 

Kerusakan Pada Thermistor

Thermistor adalah komponen AC yang berfungsi untuk mendeteksi udara dingin di evaporator indoor. Gamis perempuan terdekat di bagian indoor AC dan bekerja sebagai penyambung dan pemutus arus listrik menuju outdoor.

Jika terjadi kerusakan pada thermistor AC Panasonic, biasanya akan ditandai dengan  AC Panasonic yang mati dan hidup dengan cepat.

Fan Blower Indoor Tidak Berputar

Salah satu penyebab AC Panasonic Mati sendiri dalam hutan merah berkedip adalah Fan pada AC indoor tidak berputar. biasanya ini disebabkan adanya kapasitor AC yang rusak atau bisa juga motofan juga rusak.

Jika terjadi kerusakan pada fan indoor ini, maka biasanya AC Panasonic akan langsung mati pada saat baru dinyalakan. 

Kerusakan Pada Kompresor

Kompresor pada AC berfungsi untuk mengalirkan refrigerant atau freon dari outdoor ke indoor.Sehingga jika terjadi kerusakan pada kompresor maka freon tidak dapat mengalir dan bersirkulasi yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin .

Penyebab terjadi kerusakan pada kompresor juga bermacam-macam, seperti terjadinya kerusakan pada kapasitor kompresor, overload kompresor rusak, terjadi overheating pada kompresor, listrik yang tidak stabil dan lain sebagainya. 

Cara Mengatasi Ac Panasonic Mati Sendiri dan Timer Berkedip

  1. Pertama cobalah untuk mencabut colokan listrik AC dan biarkan selama 3 sampai 5 menit, kemudian colokan kembali dan nyalakan AC.
  2. Jika lampu timer AC berkedip, ulangi langkah di atas kemudian Coba beri blower indoor dan outdoor Apakah berputar atau tidak.
  3. Hidupkan AC kemudian periksa pada outdoor dan perhatikan Apakah outdoor AC mati dan hidup dengan cepat atau tidak.
  4. Kemudian cek pada tekanan freon apakah masih normal atau berkurang dan habis. Jika kalian berkurang atau habis Maka segeralah diisi freon. 
  5. Kemudian yang terakhir periksa kompresor AC apakah menyala dengan normal atau hanya berdengung saja.

Cara Mematikan Timer AC Panasonic 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mematikan timer AC Panasonic yang lampunya berkedip, berikut langkah-langkahnya :

Cabut Stop kontak atau Putuskan dari Listrik

Untuk mematikan timer AC Panasonic Dimulai dari cara yang paling mudah yaitu dengan mencabut colokan listrik AC. Kemudian biarkan selama kurang lebih 5 menit dan baru kemudian colokan kembali ke aliran listrik.

Periksa kembali apakah timer AC Panasonic mati menyala atau tidak, apabila masih menyala dan berkedip lakukan langkah ke-2 .

Mereset Remot AC

Langkah berikutnya untuk mematikan download AC Panasonic adalah dengan berhasiat remote AC. Caranya adalah dengan menekan tombol cancel pada remot atau bisa juga dengan menekan tombol reset pada remote.

Untuk menekan tombol reset pada remote Panasonic, kamu harus menggunakan alat bantu seperti tusuk gigi kata benda lain dengan ukuran yang cukup kecil karena tombol reset remote yang ada pada AC Panasonic cukup kecil.

Lepas dan Pasang Kembali Batterai Remote

Terkadang ada keadaan dimana remote ac tidak berfungsi, sehingga tidak bisa dipencet tombol apapun.

Untuk mngatasi hal tersebut,maka lepaslah batterai remote dan biarkan selama kurang lebih 5 menit lalu pasang kembali.

Jika remote sudah bisa berfungsi kembali dengan normal, sekarng kamu sudah bisa melakukan pengaturan pada remote untuk mematikan timer ac panasonic.

Akhir Kata

Demikian pembahasan solderpanas.com mengenai AC Panasonic Mati Sendiri dan Lampu Timer Berkedip,semoga bermanfaat.

Check Also

Penyebab Mesin Outdoor AC Sering Hidup Mati Sendiri

Penyebab Mesin Outdoor AC Sering Hidup Mati Sendiri

Untuk mengatasi masalah pada mesin outdoor AC yang sering mati hidup, maka harus dilakukan analisa …