Cara Mudah Memperbaiki Panel Switch Televisi

Cara Mudah Memperbaiki Panel Switch Televisi – Memperbaiki panel tombol switch di TV yang sulit di tekan itu mudah. Tetapi hal yang harus diperhatikan dalam memperbaikinya yaitu kemahiran dalam mengganti, memeriksa, dan menganalisa mana yang perlu diperbaiki.

Switch touch atau tombol pada TV adalah sejenis saklar yang tidak tetap dan mempunyai resistensi. Switc sering di pakai sebagai panel saklar dengan polaritas yang tidak tetap. Seperti contohnya dalam panel yang ada di TV. Yang terletak pada box atau casing TV yang bertuliskan ch+, ch-, vol+, vol-, menu, AV, dan lainnya.

Permasalahan switch yang tidak bekerja dengan baik di sebabkan karena bebrapa hal berikut:

  • Rusak karena sering di pakai.
  • Tidak bekerja karena IC program yang tidak bekerjanya.
  • Solderan lepas atau retak.
  • Kabel penghubung yang putus.
  • Rusak dimakan usia.
  • Dan tidak penah di pakai.

Itu penyebab switch tidak bekerja atau rusak. Untuk penanganannya sangat mudah, kita tinggal melihat dan mencari sumber kerusakan.

Cara Mudah Memperbaiki Panel Switch Televisi

Langkah untuk memperbaiki panel switch yang rusak.

  1. Persiaplan alat seperti solder, timah atau tinol, atraktor, multitester yang mempunyai fingsi Ohm.
  2. Periksa kabel penghubung soldiran yang terhubung dengan tombol switch. Jika telihat ada sesuatu yang mencurigakan misalnya kabel penghubung yang lepas dari solderan dan kaki switch terlepas maka tinggal solder. Terkadang kaki switch patah karena di makan karat sehingga kita harus memeriksa lebih detail. Saat seperti itu terjadi segera tangani dan langsung dicoba nyalakan bila berfungsi maka masala bisa teratasi.
  3. Jika masalah belum teratasi di soldiran dan kebel penghubung bisa jadi memang switchnya yang bermasalah. Copot switch dengan soldir dan atraktor. Setelah tercopot langkah selanjutnya memeriksa switch memakai ohm meter dengan format ×1. Letekan probe merah dan hitam pada sisi sisi kaki yang berjauhan. Tekanlah switch. Bila switch masih bagus akan terlihat jarum tester menunjukan gerak yang searah jarum jam mentok ke kanan. Jika tidak ada reaksi atau hanya sedikit gerakan, ganti dengan yang baru. Karena itu bertanda saklar sudah lemah.
  4. Jika switch masih bagus bisa analisa pada bagian IC program dan resistor program switch sebagai kemungkinan. Karena kadang masala datang bukan dari switch saja, bisa jadi karena IC program yang bermasalah.

Cobalah analisa sesuai yang saya sampaikan semoga dapat mengatasi panel switch televisi rekan yang sulit untuk ditakan.

Akhir Kata

Itu saja informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Mudah Memperbaiki Panel Switch Televisi. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar