Cara Memperbaiki Audio Mobil Yang Mati Total dan Protek

Cara Memperbaiki Audio Mobil Yang Mati Total dan Protek

Cara Memperbaiki Audio Mobil Yang Mati Total dan Protek – Pagi hari saat saya mulai beraktifitas, tiba tiba seseorang datang dengan membawa Amplifier audio mobil merek ads tipe A390-4. Dengan 4 Channel Mosfet power Amplifier.

Keluhannya audio mobil mati total, Kata si pemilik audio mobil. Saat audio sedang dipakai tiba tiba tercum bau komponen yang terbakar kemudian mati total dan lampu proteck kadang menyala.

Kemudian saya memeriksa audio mobil ads atau (Analog Digital System) dengan membuka casing bagian bawah. Saat saya mengamati semua komponen yang terbakar diblok amplifier.

Lalu saya mencoba menghibupkan audio memakai power supply 12V. Tidak lama tercium bau komponen yang terbakar dari area inverter.

Power Ampli mobil tersebut cepat panas dan tidak lama kemudian lampu protect power nyala. Ternyata setelah saya raba memakai tangan, IC TL494CN dalam keadaan panas.

Cara Memperbaiki Audio Mobil Yang Mati Total dan Protek

Kemudian IC TL49CN saya ganti. Ternyata permasalahan tidak hanya di IC TL saja tapi terdapat gejala lampu proteck masih menyala. Lalu apa permasalahannya. Berikut lebih lanjut tentang audio mobil yang awalnya mengalami mati kemudian protek.

Langkah Memperbaiki Audio Mobil Mati Total Dan Potek

Saat rekan ingin memperbaiki audio mobil yang mati total pertama yang rekan tempuh adalah mencopot beban inverter. Putuskan semua komponen yang terhubung dari out inverter.

Kemudian hubungkan inverter dengan power supply 12V. Sekarang coba tes memakai tester DC Volt. Apakah terdapat tegangan?

Jika terdapat tegangan kemungkinan kerusakan terjadi dibagian power ampli ada yang mengalami short. Misalkan transistor final di salah satu channel mengalami short menyebabkan tegangan tidak mau keluar ke blok ampli. Namun bila tidak ada output inverter kemungkinan inverter memang mati.

Cara Memperbaiki Inverter Ampli Audio Mobil Yang Mati

Ketika penyelidikan inverter tidak mengeluarkan tegangan meskipun beban sudah dilepas dapat mengindikasikan kerusakan memang diinverter itu sendiri.

Komponen yang sering mati adalah IC CSZ44V yang fungsi untuk membangkitkan tegangan. IC ini saat mati sering mengalami short antara kaki 1 dengan kaki yang lainya atau ketiga kaki IC saling berhubungan sehingga kadang mengakibatkan fuse input dari ACU putus.

Jika IC 55nf06 4 normal semua kemungkinan IC TL494CN yang mati. IC TL jika mati ditandai dengan terbakar atau panas yang berlebih dibody IC.

Penyebab IC TL sering mati dikarenakan tegangan dari aki turun naik dan juga dikarenakan oleh komponen transistor pendukung IC.

Cara Memperbaiki Saat Beban Dilepas Output Inverter Tegangan Normal

Penyebab tegangan ouput inverter hilang dikarenakan oleh salah satu komponen yang mengalami short. Jika terus dibiarkan inverter akan ikut mengalami short. Oleh karena itu pencopotan beban itu penting dilakukan.

Jika sudah terlanjur menjalar ke inverter kerusakan akan sangat parah.

Yang harus dipahami yaitu arus pendek paling sering dikarenakan oleh ampli terutama transistor final. langkah yang harus ditempuh adalah memeriksa seluruh transistor final disetiap channel.

Seperti yang saya tangani sekarang mempunyai 4 channel output ampli terjadi kerusakan disalah satu channel sehingga mengakibatkan system protek bekerja dan terlanjur mengenai IC inverter TL 494CN.

Terpaksa harus mengganti IC TL, lalu inverter akan normal kembali. Pada salah satu channel ampli terlihat terdapat komponen berupa. Resistor 100 Ohm yang terbakar, transistor driver 2N5551 yang meledak, dan transistor Final Tip42 yang mengalami short. Pantas saja proteck.

Setelah penggantian komponen dan saya mencoba hubungkan ke inverter protek tidak mincul lagi dan audio mobil normal kembali.

Kesimpulan Kerusakan Audio Mobil Protek

Saat menemukan kerusakan audio mobil yang mati total pertama yang harus dilakukan yaitu. Mencopot beban inverter atau bisa dibilang memotong jalur dari amplifier positive (+) dan negative (-).

Setelah melepaskan beban maka kita bisa mengetahui penyebab kerusakan. Apakah diblok inverter atau blok beban atau juga di amplifier.

Ini juga berlaku pada audio mobil yang protek. Jika mati diblog inverter biasanya menglami short dibagian IC CSZ44V dengan gejala fuse putus. Tapi saat blok ampli yang mati ditandai dengan protek atau menyala sebentar langsung mati.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Memperbaiki Audio Mobil Mati Total dan Protek. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan teimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

x8 speeder

Download X8 Speeder Full Version, No Root!

Download X8 Speeder Full Version – Terkadang, terdapat beberapa game yang sulit dimainkan oleh beberapa …