Inilah Komponen Setrika Yang Paling Sering Rusak

Inilah Komponen Setrika Yang Paling Sering Rusak

Inilah Komponen Setrika Yang Paling Sering Rusak – Setrika adalah peralatan elektronik rumah tangga yang sering di pakai. Tidak heran bila perangkat ini sering rusak.

Setrika sering rusak di karenakan sistim kerjanya yang sangat panas membuat komponen pendukung kerja sering rusak.

Sistim kerja setrika hampir sama dengan rice cooker dan sejenisnya. Yakni memakai komponen berupa elemen pemanas dan termostate. Perbedaanya terletak di pengaturan panas. Jika rice cooker memakai dua elemen untuk mengatur panas sedangkan setrika memakai relay sebagai pengatur panas.

Komponen Setrika Yang Paling Sering Rusak

Berikut beberapa komponen setrika yang sering rusak :

  1. Kabel AC 220v

Jika di lihat, kabel yang terbungkus kain ini sering berantakan karena kabel bergerak terus menerus. Membuat kabel akan mudah terputus atau karena serabut di aliri watt yang besar. Bila kabel setrika tidak berkualitas dapat di pastikan kabel akan mudah mati yang di tandai dengan terbakar kabel pada osilatornya.

  1. Termostat Pemicu Panas

Gejala yang ditimbulkan yaitu setrika dalam keadaan mati total. Tapi sebelum memastikan termostatnya rusak pastikan juga kabel AC 220 dalam keadaan baik. Selain itu gejala jika termostat rusak juga di tandai MBC PLN jeglek. Ini di sebabkan karena termostat yang konslet.

Tanda bila termostat konslet yaitu jika di ukur memakai ohm meter tidak ada impedansi sama sekali. Dalam bahasa lain jarum ohm meter bergerak ke kanan penuh tanpa menunjuk nomor satupun. Tapi bila termostat masih ada impedansi, mungkin MBC PLN jeglek karena elemen pemanas setrika yang sudah short.

  1. Hot Adjustment

Pengatur panas kadang juga sering tidak. Hal ini terjadi karena kerusakan pada pengatur panas yaitu lampu pada setrika mati total tapi kadang bisa panas kadang juga mati total. Hal ini karena kerak yang menempel di relay bagian hot adjustment.

  1. Elemen pemanas

Lampu indikator dalam keadaan menyala, tapi strika tidak kunjung panas sedikitpun. Ini salah satu gejala elemen mengalami putus. Selain itu saat setrika di hibupkan muncul ledakan. Ini indikasi bahwa elemen mengalami short atau termostat mengalami yang mengalami short.

keawetan setrika di pengaruhi oleh faktor kualitas produk dan faktor usia setrika itu sendiri.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan Inilah Komponen Setrika Yang Paling Sering Rusak. Semoga bermanfaat dan terimakasih