Mengapa pemakaian listrik yang berlebih dapat memperparah pemanasan global?

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Menghemat Energi Listrik di Era Globalisasi

Banyak kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan energi listrik. Mulai dari kegiatan rumah tangga, sekolah, pertokoan, perkantoran, maupun perindustrian membutuhkan energi listrik. Tanpa adanya energi listrik, sebagian besar kegiatan akan terhenti dan mengganggu kegiatan manusia. Namun, penggunaan energi listrik yang berlebih, justru akan merusak kehidupan manusia.

Dampak dari pemborosan dalam penggunaan energi sudah dapat kita rasakan. Salah satu contoh dampaknya adalah meningkatnye suhu bumi atau sering disebut dengan pemanasan global. Pemanasan global disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan AC dan kulkas. Selain menggunakan energi listrik yang banyak, kedua peralatan elektronik tersebut juga menghasilkan gas buang yang dapat meningkatkan suhu bumi.

Penggunaan barang elektronik yang tidak sesuai kebutuhan juga dapat memengaruhi suhu bumi. Hal tersebut terjadi karena sebagian dari pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar fosil. Bahan bakar ini menghasilkan polusi udara dan memperparah pemanasan global. Pemanasan global akan mengakibatkan cuaca yang tidak teratur dan cuaca ekstrem. Bahkan, pemanasan global dapat mencairkan pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan.

Pemanasan global tidak dapat dihindari untuk saat ini, tetapi dapat dikurangi. Beberapa organisasi tingkat dunia telah memperhatikan keseimbangan alam. Mereka mengajak untuk mengatasi pemanasan global dengan cara sederhana. Misalnya, memilih peralatan yang hemat energi. Penggunaan lampu-lampu yang hemat energi merupakan salah satu contohnya. Lalu, peduli terhadap kelestarian lingkungan, dan menggunakan barang-barang elektronik sesuai kebutuhan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, berarti kita telah berperan dalam menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Selain itu, kita telah berperan dalam penghematan listrik sehingga biaya listrik menjadi lebih murah.

(Diolah dari berbagai sumber)

Mengapa pemakaian listrik yang berlebih dapat memperparah pemanasan global?

Jawaban :

Karena sebagian pembangkit listrik menggunakan bahan bakar fosil yang dapat menghasilkan polusi udara.

Pembahasan :

Informasi adalah sekumpulan data dan fakta yang dikemas dan disusun agar menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi dalam sebuah paragraf dapat dibedakan menjadi informasi tersurat dan tersirat.
1. Informasi tersurat : informasi yang telah tertulis secara eksplisit atau langsung di dalam teks. Informasi ini dapat ditemukan pada tiap-tiap kalimat dalam teks tersebut.
2. Informasi tersirat: informasi yang tidak tertulis secara langsung dalam teks. Maka untuk mendapatkannya harus melalui proses pengambilan simpulan dari informasi tersebut.

Langkah-langkah menemukan informasi:
1. Membaca judul teks. Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi pada teks adalah dengan membaca judulnya. Judul akan memberikan gambaran besar akan pembahasan/isi teks.
2. Skimming atau kegiatan membaca sekilas. Tujuan skimming adalah menemukan informasi tertentu yang dibutuhkan. Skimming dapat membentuk keterampilan berpikir logis, cermat, dan sistematis dalam mencari informasi penting dalam penyelesaian masalah.
3. Mencatat isi pokok bacaan. Mencatat isi pokok bacaan menjadi langkah terakhir untuk menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik adiksimba yang merupakan singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.

Sesuai dengan isi bacaan di atas, pemakaian listrik dapat memperparah pemanasan global karena sebagian dari pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar fosil yang menghasilkan polusi udara. Polusi udara adalah salah satu penyebab dari pemanasan global. Hal ini disampaikan secara tersurat pada paragraf tiga, kalimat dua dan kalimat tiga. Seperti pada kutipan ” Hal tersebut terjadi karena sebagian dari pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar fosil. Bahan bakar ini menghasilkan polusi udara dan memperparah pemanasan global.”

Jadi, pemakaian listrik dapat memperparah pemanasan global karena pembangkit listrik berasal dari bahan bakar fosil yang dapat menyebabkan polusi udara.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …