Penyebab dan Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati – Kini, kebayakan orang sudah mempunyai kulkas atau lemari pendingin di rumah. Karena dengan mempunyai kulkas, maka kalian dapat menyimpan makanan supaya tetap dalam kondisi segar.

Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan kulkas terbilang sudah cukup lama. Banyak  masalah atau kerusakan yang muncul dari komponen-komponen yang terdapat di kulkas.

Salah satu komponen yang seringkali bermasalah yaitu kompresor kulkas. Misalnya seperti kompresor kulkas yang hidup sebentar lalu mati lagi dengan sendirinya.

Jika kulkas dirumah mengalami masalah tersebut, maka sang pemilik akan bertanya mengenai faktor penyebab masalah ini apa sebenarnya? Masalah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.

Bagi kalian yang ingin tau penyebab kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati lagi. Dibawah ini admin akan menyampaikan secara lengkap penyebabnya, jadi simak baik-baik ulasan berikut.

Penyebab Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Lalu Mati

Seperti yang sudah diberitahukan di atas tadi, jika ada beberapa factor penyebab kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati. Tanpa berlama-lama lagi, inilah beberapa faktor penyebab masalah tersebut:

1. Kabel Listrik

Penyebab pertama biasanya ada sebuah kabel yang tidak beres. Jadi, cobalah untuk mencabut kabel-kabel kulkas dari stop kontak, kemudian periksa satu persatu kabel listriknya.

Jika ternyata kabel listrik pada kulkas aus, terkelupas atau putus sebagian. Maka kemungkinan besar itulah penyebabnya mengapa kompresor hidup sebentar lalu mati.

Untuk mengatasinya, jika dirasa kabel masih bisa disambungkan maka cobalah untuk menyambungkannya. Tapi jika dirasa sudah parah maka ganti kabel dengan membeli yang baru.

2. Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu memang dapat menjadi masalah apa saja jika tidak segera dibersihkan, termasuk juga  pada kompresor kulkas ini. Nantinya, penyebab satu ini akan berefek pada kinerja kompresor yang kurang efisien.

Bahkan parahnya tidak hanya hidup sebentar lalu mati, tapi juga dapat menyebabkan kompresor sulit menyala (gagal start). Untuk mengatasinya masalah ini terbilang cukup mudah.

Di mana kalian hanya perlu untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada kompresor saja. Dengan rajin membersihkannya, maka kalian akan terhindar dari masalah seperti ini lagi.

3. Pengaturan Thermostat

Penyebab selanjutnya bisa terjadi akibat dari pengaturan thermostat. Jika penyetelan thermostat kurang tepat maka dapat menyebabkan kulkas hidup sebentar lalu mati.

Karena kerja thermostat sendiri yaitu untuk mengirimkan sinyal guna menyalakan kompresor ketika suhu kulkas dalam ketentuan tertentu. Jadi, untuk melihat apakah kompresor rusak atau tidak yaitu  dengan cara setel termostat ke pengaturan yang lebih rendah.

Ketika kompresor hidup dan tetap hidup, maka thermostat kulkas memiliki kondisi yang baik. Tetapi jika hidup sebentar lalu mati lagi, maka thermostat mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, kalian perlu untuk mengatur ulang thermostatnya.

4. Penumpukan Es

Penyebab selanjutnya bisa terjadi juga karena penumpukan es yang terlalu banyak. Jadi, jika es pada kulkas sudah mulai banyak, maka segeralah membersihkannya.

Caranya dengan mencabut jek power kulkas dari stop kontak dan biarkan es mencair. Jangan lupa untuk beri kain lap di bawah kulkas supaya es yang meleleh tidak kemana-mana.

5. Kapasitor dan Relay

Penyebab yang terakhir bisa diakibatkan oleh kapasitor start atau relay bermasalah. Apalagi ketika sedang pemadaman listrik.

Biasanya akan terjadi ketika listrik baru pertama kali menyala, itu dikarenakan adanya sebuah lonjakan daya. Jika masalah memang terjadi karena komponen ini rusak, maka kalian harus menggantinya.

Dan itulah tadi penyebab dan cara mengatasi Kompresor kulkas hidup sebentar lalu mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.