Hal penting dari paragraf 3 adalah

Perpindahan Kalor secara Radiasi

Bagaimana panas mata hari dapat sam pai ke bumi? Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi karena udara yang terdapat dalam atmosfer termasuk konduktor yang paling buruk. Kalor dari mata hari pun tidak dapat menghantar secara konveksi karena a ntara matahari dan bumi terdapat ruang hampa yang tidak menghantarkan kalor. Jadi, kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.

Proses perpindahan kalor yang tidak memerlukan zat perantara dinamakan radiasi. Dapatkah kalian memberikan contoh lain perambatan kalor secara radiasi? Ketika kalian dan teman-teman pergi berkemah ke pegunungan, udara di pegunungan sangat dingin. Untuk menghangatkan badan, kalian perlu membuat api unggun. Nah, panas dari api unggun tersebut dapat sampai ke tubuh tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas seperti ini dikatakan secara radiasi.

Pernahkah kalian pergi ke luar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam? Apakah yang kalian rasakan? Ketika keluar rumah pada siang hari yang terik dengan menggunakan baju hitam, badan kalian akan merasa panas. Hal ini disebabkan warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.

Benda-benda berwarna h itam lebih banyak menyerap kalor dan memantulkan sebagian kalor jika dibandingkan dengan benda-benda ya ng berwa rna putih dan berkilap. Sebaliknya, pada malam hari orang yang memakai baju hitam merasa lebih dingin daripada orang yang mengenakan baju putih. Tahukah kalian mengapa hal ini dapat terjadi? Hal tersebut dapat terjadi karena pakaian yang berwarna hitam menyerap kalor yang dikeluarkan tubuh.

Hal penting dari paragraf 3 adalah …

Jawaban :

Hal penting dari paragraf (3) adalah warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.

Pembahasan :

Gagasan pokok adalah gambaran keseluruhan dari suatu paragraf. Selain disebut ide pokok, gagasan pokok juga sering disebut sebagai gagasan utama atau pikiran utama. Tujuan dari keberadaan gagasan pokok adalah untuk memahami pokok pikiran yang hendak disampaikan penulis.

Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks. Informasi tersebut dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman.

Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks.
3. Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf.
4. Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci.
5. Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks.
6. Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa informasi atau hal penting pada paragraf (3) dapat kita temukan pada gagasan utama, yaitu “hal ini disebabkan warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.” Hal ini dikarenakan pada gagasan pokok itulah terdapat informasi pada paragraf (3) secara keseluruhan, yaitu mengenai fenomena radiasi dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, hal penting dari paragraf (3) adalah warna hitam merupakan penyerap kalor radiasi yang paling baik.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.