Tulislah kata-kata kunci pada bacaan tersebut. Paragraf 4:

Pengertian Suhu dan Panas

Kalian tentu pernah merasakan panas, dingin, dan hangat dari benda di sekitar kalian. Di dataran tinggi dan pegunungan, udara terasa lebih dingin daripada udara di daerah pantai. Apakah kalian bisa menyebutkan seberapa dingin dan panaskah udara di sekitar? Bagaimanakah cara mengukur derajat panas suatu benda? Untuk mengukur derajat panas seorang yang sedang demam, kalian sering menggunakan telapak tangan. Kadang kalian juga menempelkan punggung telapak tangan pada kening. Namun, cara tersebut tidak dapat menentukan derajat panas dengan pasti. Hasil pengukuran orang yang berbeda belum tentu sama.

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat digunakan untuk menentukan derajat panas atau dingin suatu benda secara tepat. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Pernahkah kalian kemah di daerah pegunungan atau dataran tinggi? Di daerah tersebut kalian tentu dapat merasakan udara dingin. Kalian memerlukan jaket tebal untuk menjaga agar tubuh kalian tetap hangat. Berbeda dengan penduduk yang tinggal di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Mereka

tidak terlalu merasakan udara dingin karena sudah terbiasa dengan udara dingin di pegunungan. Hal itu membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda. Setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Dalam ilmu pengetahuan alam, tingkat panas dinginnya suatu. keadaan dinyatakan dengan besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Selain suhu, kalian juga mengenal istilah panas. Panas dan suhu merupakan dua hal yang berhubungan sangat erat. Panas merupakan bentuk perpindahan energi akibat perubahan suhu. Ketika dipanaskan di atas kompor, wajan penggorengan mendapat energi panas dari api kompor. Energi panas membuat wajan penggorengan menjadi panas. Saat wajan penggorengan panas, suhunya naik. Sebaliknya, saat wajan penggorengan dingin, suhunya turun.

Seperti telah dijelaskan di atas, suhu adalah suatu besaran yang menyatakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang banyak digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu disebut termometer. Adapun satuan panas dinyatakan dalam joule.

Tulislah kata-kata kunci pada bacaan tersebut.
Paragraf 4:

Jawaban :

Kata kunci pada paragraf (4) adalah ‘energi’ dan ‘panas’.

Pembahasan :

Kata kunci merupakan sebuah kunci untuk menentukan apa yang sedang dibahas dalam sebuah paragraf dan biasanya kata kunci sering diulang-ulang dalam setiap paragraf.

Langkah-langkah mencari kata kunci dalam paragraf, yakni:
1. Mencari kata yang penggunaannya diulang.
2. Mencari dalam ide pokok.
3. Kata kunci bisa dituliskan dengan kata ganti lain.

Berikut adalah analisis kata yang penggunaannya di ulang pada paragraf (4), yakni:
– Kata ‘energi’ dan ‘panas’ terdapat pada kalimat ketiga, yakni “Panas merupakan bentuk perpindahan energi akibat perubahan suhu.”
– Kata ‘energi’ dan ‘panas’ terdapat pada kalimat keempat, yakni “Ketika dipanaskan di atas kompor, wajan penggorengan mendapat energi panas dari api kompor.”
– Kata ‘energi’ dan ‘panas’ terdapat pada kalimat kelima, yakni “Energi panas membuat wajan penggorengan menjadi panas.”

Jadi, kata kunci yang dipakai dalam paragraf (4) adalah ‘energi’ dan ‘panas’.

Leave a Reply

Your email address will not be published.