Buatlah kesimpulan dari paragraf diatas

*Ayo lestarikan hewan dan tumbuhan langka di Indonesia*

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. komodo di Kepulauan Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Pulau ini menjadi sebuah taman nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Taman Nasional banyak terdapat di Indonesia, seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan yang melindungi orangutan. tujuan dibuatnya Taman Nasional adalah untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang semakin berkurang jumlahnya.

bertambahnya jumlah penduduk menjadi berkurangnya hutan tempat hidup hewan hewan tersebut. pembangunan gedung dan Perumahan menqjadi penyebab menyingkirnya hewan tersebut dari habitat aslinya .perburuan liar mengakibatkan hewan tersebut berada di ambang kemusnahan.

Buatlah kesimpulan dari paragraf diatas …

Jawaban dan Penjelasan :

Dalam menyimpulkan sebuah teks, hal-hal yang harus diperhatikan, yakni memahami keseluruhan teks, menentukan ide pokok yang berada dalam kalimat utama, menentukan informasi penjelas atau informasi penting lainnya dalam kalimat pendukung, dan menulis kembali intisari teks ke dalam bahasa yang sedikit berbeda.

Teks di atas memuat ide pokok tentang Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Ide pokok tersebut kemudian dikembangkan dengan beberapa informasi penjelas yang masih berkaitan dengan kekayaan Indonesia.

Dengan demikian, kesimpulan dari paragraf di atas adalah Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan hingga setiap pulau yang ada di Indonesia memiliki hewan dan tumbuhan yang khas.

Tinggalkan komentar