Cara Memperbaiki Oven Listrik yang Tidak Panas

 Cara Memperbaiki Oven Listrik yang Tidak Panas

Jika oven listrik di rumah kalian tidak bisa memanggang makanan dengan sempurna. Kemungkinan besar ada kerusakan di elemn dalam oven. Oven listrik memang lebih mudah digunakan untuk kegiatan memanggang.

Panas yang dihasilkan oven listrik cenderung merata sehingga hasil panggangan pun sempurna. Hanya saja, alat elektronik yang satu ini rawan sekali mengalami kerusakan. Salah satunya yang seringkali terjadi adalah oven tidak panas. Sebagai solusi, kalian simak cara untuk memperbaiki oven listrik yang tidak panas berikut ini.

 

Cara Memperbaiki Oven Listrik yang Tidak Panas

 

1. Mengganti Elemen Pemanas/Panggang Oven

Salah satu tanda panas oven yang tidak maksimal adalah elemen pemanas atau panggang tidak berwarna oranye terang. Biasanya, bagian yang satu ini terletak di bagian atas oven. Normalnya, warna indikator akan berubah menjadi warna oranye terang dalam 10 menit setelah oven listrik menyala di suhu 350 derajat.

Jika hal tersebut tidak terjadi, itu artinya ada kerusakan di dalamnya. Maka kalian harus mengganti elemen tersebut dengan yang baru supaya oven bisa berfungsi secara normal kembali.

 

2. Mengganti Elemen Bakar di Oven

Kendala selanjutnya bisa terjadi karena kerusakan pada elemen bakarnya. Elemen bakar berbentuk tabung logam kecil yang letaknya di dekat bagian bawah oven. Kalian dapat memeriksa kondisinya secara kasat mata tanpa harus membongkar oven sedikitpun.

Kalian hanya perlu memperhatikan dengan seksama apakah ada goresan, lecet, ataukah mungkin warna kehitaman pada permukaannya. Kerusakan ini bisa terjadi pada saat kalian membersihkan oven listrik dengan cara yang salah.

Jika mengalami hal ini, cara untuk memperbaiki nya yaitu dengan mengganti bagian tersebut. Jika sudah, maka oven akan dapat bekerja seperti semula lagi.

 

3. Mengecek Sensor Suhu dengan Ohm Meter

Jika tidak ada masalah pada elemen bakar maupun pemanas, kemungkinan besar kendala ada pada sensor suhu. Sensor suhu memiliki fungsi utama yaitu untuk mengatur suhu bagian dalam oven.

Jika alat ini tidak bekerja, maka suhu panas oven tidak dapat menyebar dengan baik. Biasanya, kendala utama sensor suhu yaitu elemen kehabisan kalibrasi.

Untuk memastikannya, kalian bisa menguji kinerja sensor suhu dengan menggunakan ohm meter. Jika sudah terbukti tidak berfungsi, kalian bisa menggantinya dengan yang baru.

 

4. Memperbaiki Kipas Konveksi Oven

Cara berikutnya yaitu dengan mengecek bagian kipas konveksi. Kipas ini mempunyai fungsi untuk mengalirkan panas yang ada di dalam oven agar tersebar merata. Jika bilah kipas tidak berputar dengan baik, maka hasil panggangan kalian tidak akan maksimal.

Untuk mengecek kinerjanya, pertama-tama kalian harus memastikan kondisi kabel di sekelilingnya. Jika ada kabel yang meleleh, segeralah kalian ganti dengan kabel listrik yang baru supaya kerusakan tidak semakin parah.

Kemudian, kalian lihat juga apakah ada bintik hitam di sekeliling motor kipas. Jika ada, segera isolasi area tersebut atau kalian ganti saja motor kipasnya.

 

5. Mengganti Papan Kontrol Oven

Dan yang terakhir coba kalian cek papan kontrol oven yang fungsinya mirip seperti sensor suhu. Jika oven tidak panas, bisa jadi papan kontrol tidak dapat membaca suhu dengan benar. Kalian bisa mencoba mengatur ulang papan kontrol supaya kinerjanya kembali seperti semula.

Akan tetapi, jika masalah ini terus terjadi berulang-ulang, maka sebaiknya ganti saja bagian tersebut. Supaya hasilnya terjamin aman, kalian bisa cek masa garansi oven dan serahkan perbaikan pada jasa reparasi resmi.

Dan itulah tadi cara memperbaiki oven listrik yang tidak panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.