Penyebab DVD Tidak Bisa Memutar Kaset

Penyebab DVD Tidak Bisa Memutar Kaset – DVD adalah perangkat yang berfungsi untuk memutar piringan kaset atau disc. Sekarang DVD selain di pakai sebagai pemutar kaset, juga mempunyai fungsi lain sperti Port USB, untuk memutar mp3 dan mp4.

Tapi kita akan membahas tentang penyebab ketika DVD akan di pakai untuk memutar kaset DVD no disc. Atau tidak bisa membaca kaset yang diputar. Oleh karena itu saya membagikan ulasan tentang penyebab DVD tidak bisa membaca kaset atau no disc.

Penyebab DVD Tidak Bisa Memutar Kaset

Berikut beberapa penyebeb dvd tidak bisa memutar kaset :

Kaset yang Diputar

Sekarang ini DVD ada beberapa jenis yang memang tidak bisa memutar kaset yang tebal dan yang memorinya sangat besar. Misal jenis DVD China seharga 150 ribuan. Ketika terjadi no disc pada DVD. Coba kenali kaset yang rekan putar, apakah kaset jenis CD, DVD, atau lainnya. Kerap kali pada kaset jenis CD tidak bisa di putar di DVD player. Tapi piringan DVD yang mempunya memori sangat besar juga tidak bisa di putar pada DVD player. Sebenarnya karena piringan DVD yang sangat tebal dapat di putar pada DVD player merek China. Tapi akan merusak kekuatan motor MPG DVD. Biasanya Setelah memutar kaset yang tebal DVD akan tidak bisa memutar kaset lagi dan mengakibatkan mode no disc terus menerus. Ini menandakan DVD rekan rusak parah di bagian motor, parahnya IC control mengalami short pada MPG DVD.

Optik Kotor

Optik kotor di tandai gejala DVD ketika di pakai gambar dan suara tersendat sendat bahkan bisa no disc tapi motor masih dapat berputar. Ini dapat di atasi dengan membersihkan optik memakai catoonbat atau kapas dengan bahan yang lembut dan jangan sampai menggores optik. Jika sampai tergores bisa mengakibatkan optik tambah tidak berfungsi dan akhirnya harus menganti optik dengan yang baru.

Optik Mati

Optik mati biasanya di tandai Optik yang tidak menyala sehingga tidak dapat memutar disc. Optik tidak bisa menyala menandakan kerusan 2 hal yakni optik mati dan IC short pada Blok mpg. Tapi sebelum memastikan optik dan MPG mati bisa di coba dengan ganti kabel optik.

Kabel Optik Fleksibel Rusak

Ini kadang juga dapat mengakibatkan DVD tidak bisa memutar kaset. Kabel optik sering kali berkarat, terlipat sehingga kabel tidak bisa menghubungkan MPG dan optik DVD. Rekan dapat membeli kabel optik baru seharga Rp. 2000 di toko elektro terdekat. Mengganti kabel optik berfungsi untuk menentukan kerusakan pada optik MPG atau hanya kabel optik yang rusak. Maka bagian ini akan menentukan letak penyebab kerusakan DVD yang no disc.

Power Supply Lemah 

Penyuplay DVD adalah jenis regulator AC Matic. Regulator DVD sangat sensitif karena bekerja untuk mensupply sering mengakibatkan DVD no disc. Gejalanya ketika DVD di nyalakan dan akan memutar piringan DVD dan lampu indikator akan sedikit meredup redup. Itu menandakan blok power supply lemah. Power supply lemah karena elco yang kering atau dioda penyearah output short.

Itulah penyebab DVD mengalami no disc atau tidak bisa memutar kaset. Pada dasarnya kerusakan DVD tergantung pada kekuatan MPG KIT. Maka dari itu rekan ketika ingin membeli DVD baiknya beli yang terbukti berkualitas. Mahal sedikit menentukan apakah DVD player bisa memutar atau tidaknya sebuah kaset yang rekan punya. Sebagai merek DVD yang berkualitas misal SHARP, GMC, LG, dan POLYTRON. Walau pun sedikit lebih mahal tapi tekan akan tidak kecewa dengan kualitasnya. Karena bisa membaca setiap disc yang rekan punya.

Saya menyarakan jangan memutar DVD dengan kaset murahan atau bajakan selain bisa merusak DVD juga di larang oleh Negara.

Itu saja tentang Penyebab DVD Tidak Bisa Memutar Kaset, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar