Memperbaiki Aki Kering motor Soak

Memperbaiki Aki Kering motor Soak – Aki adalah komponen power bank pada sebuah motor. Kerjanya untuk menyimpan arus listrik yang di hasilkan generator motor ketika menyala. Saat aki mengalami kerusakan sistem kelistrikan di sebuah motor atau mobil menjadi bermasalah. Karena aki kering tidak nyimpan tegangan, misal tidak dapat distarter, lampu mati, atau motor tidak dapat menyala.

Sebelum rekan memperbaiki aki kering lebih baik kenali dulu aki kering yang rekan pakai, Aki dibagi menjadi 2 yakni aki kering dan basah. Sebenarnya keduanya sama saja hanya berbeda teknologi dan sistem saja.

Memperbaiki Aki Kering motor Soak

Kali ini kita membahas cara memperbaiki aki kering motor yang ngedrop, soak, dan lemah atau cepat habis.

Penyebab kerusakan

Pertama sebelum ke perbaikikan aki kering yang ngedrop atau soak kita cari tau dulu penyebabnya. Ini akan memudahkan kita ketika proses perbaikan aki kering yang ngedrop atau soak jika kenali penyebabanya dulu.

Penyebab kerusakan aki kering bermacam macam, misal rusak karena umur, konslet pada sistem kelistrikan motor atau pada sistem pengisian aki.

Karena itu perlu diperiksa dulu sebelum memperbaiki aki, antara benar-benar rusak, atau pada sistem kelistrikan motor stsu mobil rekan.

Ini penting dipahami supaya ketika sudah berhasil memperbaiki aki malah bukan akinya yang soak, tapi kelistrikanya yang bermasalah. Jika rekan mempunyai tanda tanda aki cepat habis atau tidak mengisi periksa dulu kelistrikannya menjadi hal wajib.

Untuk memastikan periksa dengan mengecas aki kering secara pasif, saat sudah penuh pakai kembali.

Jika aki drop lagi berarti ada kerusakan pada aki. Karena hanya menyimpan sedikit setrum atau kemungkinan terjadi konsleting beban berlebih di kelistrikan. Misal lampu utama mengalami konsleting atau aki terkuras meski mesin mati.

Apa Benar AKI KERING BISA DIPERBAIKI?

Mungkin ini yang menjadi pertanyaan dan harap bahwa aki bisa diperbaiki dan bekerja normal setelah diperbaiki.

Mungkin aki kering yang diperbaiki tidak sama seperti baru. Karena kita tahu komponen aki akan menurun seiring waktu karena arus akan selalu keluar dan masuk.

Dalam berbagai artikel ditegaskan untuk menghemat beban aki supaya tidak cepat soak yaitu dengan menambahkan capasitor bank. Tapi perawatan perlu di tingkatkan untuk menambah usia aki baru. Dan untuk aki kering yang di perbaiki mempunyai kemungkinan usia 6 bulan sampai 1 tahun tergantung kualitas komponen aki.

Ada beberapa aki kering mempunyai kerusakan di salah satu separator sehingga tidak dapat mengisi arus. Tentu untuk memeprbaikinya tidak hanya dengan mengisi air saja tapi juga perlu membongkar dan mencari separator yang rusak.

Pada bagian separator tersebut dapat diperbaiki asal mempunyai bahan penggantinya.

Tapi jika tidak tentu aki tidak bisa di kembalikan ke voltase awal. Karena salah satunya hanya dapat di sambungkan dengan separator yang masih bagus jika yang tidak berfungsi hanya 1 separator tegangan aki hanya 10V saja. Sehingga tidak bisa 12V, atau 100 persen.

Cara memperbaiki

Permasalahan yang sering terjadi pada aki kering yaitu tidak dapat menyimpan arus secara penuh atau lemah. Sehingga saat akan di pakai lagi tidak kuat menopang beban aki akan cepat habis karena tidak dapat mengisi.

Seperti sebuah batrai HP bila sudah mengalami drop tidak akan dapat bertahan lama dan cepat habis. Tapi yang terjadi pada aki kering yaitu kerja aki mengisi ketika mesin menyala bila aki rusak meski di isi akan mengalami hal yang sama di kemudian hari yakni selalu tekor.

Letak kerusakan aki kering yaitu masalah penyimpanan arus lemah. Seketika habis tidak bisa terisi secara full saat mesin motor menyala.

Alat dan Bahan :

  • Air aki
  • Lem stel
  • Obeng
  • Suntikan
  • Gergaji , untuk yang memakai cover pada lubang pengisian aki
  • Tang jepit

Pertama copot aki dari kabel yang.

Ke 2 buka penutup aki kering, tahap ini ada bermacam ragam sistem cover pada pengisian cairan di beberapa aki. Sehingga perlu pemahaman cara membuka penutup aki.

Ada yang harus pemotongan dan ada yang hanya membuka penutup dengan mecongkelnya saja. Tapi ini harus berhati hati supaya tidak merusak body bagian bawah yang menyebabkan kebocoran cairan aki.

Setelah itu lihat lubang tersebut apakah benar kering atau masih ada cairan accu. Jika masih ada lebih baik buang dan ganti dengan yang baru. Sebelum pengisian air aki yang baru, cuci aki memakai air panas lalu di keringkan.

Jika tidak bisa membuka tutup aki kemungkinan dengan cara melubangi masing masing kotak separator. seperti pada gambar dibawah ini:

Isilah air aki secukupnya lebih baik diisi sekitar 90 persen saja di setiap lubang. Ada cara unik untuk memperbaiki aki yakni dengan memakai media bodrek dan puyer sebagai bahan tambahan cairan. Katanya, bodrek bisa bereaksi dengan material aki yang bersifat memperbaiki material aki.

Benar dan tidaknya memakai metode experiment silahkan rekan coba bila berminat memakai teknik bodrek.

Pastikan pengisian sama rata tidak ada yang kelebihan cairan atau kekurangan, yang pasti seimbang. Supaya pengisian lebih mudah pakai suntikan supaya nanti ketika proses pengisian mengalami kelebihan dapat dikurangi dengan menyedot memakai suntikan.

Setelah selesai mengisi pastikan tutup lubang hingga tidak ada yang bocor. Jika terjadi kebocoran di masing masing unit sel akan menyebabkan cairan menguap dan dapat berakibat rusaknya lagi aki.

Kemudian bila mau dipakai pada motor akan membahayakan komponen besi disekitar aki karena dapat meyebabkan korosi pada logam yang kena cairan aki kering tersebut.

Tahap pengecasan aki kering

Aki kering yang baru diisi ciran tadi tidak bisa langsung di pakai perlu melalui tahap pengcasan.

Pengecasan aki kering bisadapat melalui 2 cara yakni dengan memakai trafo cas aki dan memakai media motor yang masih bagus akinya caranya jumper dengan keadaan motor menyala ketika proses pengisian.

Aki bisa terisi dengan cepat bila cas yang di pakai mempunyai daya yang besar dari aki. Sehingga ketika aki dicas memakai media motor, perlu berada di level tinggi dalam waktu yang cukup panjang hingga aki benar terisi penuh.

Itu saja tentang Memperbaiki Aki Kering motor Soak, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar