Apa itu metamorfosis

Apa itu metamorfosis?

Jawaban :

Metamorfosis merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada hewan dengan adanya perubahan fisik pada setiap fase hidupnya.

Pembahasan :

Metamorfosis merupakan proses tumbuh kembang yang terjadi pada hewan dengan adanya perubahan fisik pada setiap fase hidupnya. Proses metamorfosis dibedakan menjadi 2 yaitu sebagai berikut:

1. Metamorfosis Sempurna Metamorfosis sempurna yaitu apabila dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya terdapat 4 fase hidup yaitu fase telur, fase larva, fase pupa (kepompong) serta fase dewasa. Adapun contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu dan nyamuk.

2. Metamorfosis Tidak Sempurna Metamorfosis tidak sempurna yaitu apabila dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya terdapat 3 fase hidup yaitu fase telur, fase nimfa, serta fase dewasa. Fase nimfa merupakan fase hewan muda yang memiliki bentuk fisik sama dengan fase dewasa. Adapun contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang dan kecoa.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …