Jelaskan pengaruh arsitektur kerajaan bercorak hindu-budha pada masa kini

Jelaskan pengaruh arsitektur kerajaan bercorak hindu-budha pada masa kini

Jawaban :

Pengaruh kebudayan masa Hindu Budha  membuat penyatuan bentuk arsitektur secara jelas. Berikut peninggalan-peninggalan pada masa Hindu dan Budha di Indonesia:

Candi dan Stupa, candi dan stupa didirikan sebagi tempat pemujaan tetapi ada juga yang didirikan sebagai makam. Candi yang bercorak Hindu seperti candi Prambanan, candi Sukuh, candi Canggal, candi Gedong Songo. Adapun candi yang bercorak Budha antara lain Borobudur, Mendut, Sewu, dan Plaosan.

Gapura, gapura adalah bangunan berupa pintu gerbang. Gapura ada yang beratap dan berdaun pintu dan ada yang menyerupai candi terbelah dua. Gapura yang beratap disebut Paduraksa dan yang terbelah dua disebut Bentar.

Petirtaan, petirtaan adalah pemandian suci untuk kalangan istana atau bangsawan. Misalnya, petirtaan Tirtha Empul dan Jolotundo.

Patung atau Arca, patung Hindu umumnya berbentuk dewa-dewi, tokoh, dan makhluk mistik.  Misalnya, patung Raja Airlangga berbentuk patung dewa Wisnu sedang menunggang garuda, dan patung Ken Dedes dalam wujud Dewi Prajnaparamita. Sedangkan patung Buddha, bentuknya mewujudkan Sang Buddha Gautama sendiri.

Relief, relief adalah seni pahat pada dinding suatu bangunan atau candi. Relief itu melukiskan suatu cerita. Contohnya relief yang ada pada Candi Borobudur dan Prambanan.

Prasasti, prasasti merupakan tulisan pada batu yang memuat berbagai informasi tentang sejarah, dan peringatan atau catatan suatu peristiwa. Misalnya Prasasti Canggal, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Talang Tuo, dan Prasati Kota Kapur, dan lainnya.

Tinggalkan komentar