Coba urutkan nama-nama presiden RI dari yang pertama Hingga sekarang

Coba urutkan nama-nama presiden RI dari yang pertama Hingga sekarang

Jawaban :

  1. Soekarno,
  2. Soeharto,
  3. Bacharuddin Jusuf Habibie,
  4. Abdurrahman Wahid,
  5. Megawati Soekarnoputri,
  6. Susilo Bambang Yudhoyono,
  7. Joko Widodo.

Pembahasan :

1. Soekarno (1945-1965), merupakan presiden pertama Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak sebelum kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan, hingga pasca kemerdekaan. Soekarno sebagi presiden pertama Indonesia yang bertanggung jawab membuat kebijakan negara demi kemajuan Indonesia.

2. Soeharto (1965-1998), Soeharto memiliki kekuasan sebagai presiden Indonesia terlama. Pada masa pemerintahan Soeharto, terdapat berbagai kebijakan mulai dari dalam negeri hingga luar negeri seperti Repelita 1-5 hingga bergabunganya Indonesia dengan PBB.

3. B.J Habibie (1998-1999), masa pemerintahan B.J Habibie cukup sebentar namun berhasil memperbaiki keadaan Indonesia yang sangat hancur akibat krisis multidimensional.

4. Abdurrahman Wahid (1999-2001) Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur merupakan presiden hasil pemilu tahun 1999. Pada masa Gus Dur terdapat berbagai kebijakan kontroversial berkaitan dengan toleransi dalam beragama.

5. Megawati Soekarno Putri (2001-200) Ia sebelumnya sebagai wakil Gus Dur diangkat menjadi presiden menggantikan Gus Dur dan menjalankan sisa masa jabatan yang seharusnya dijalankan oleh Gus Dur. Salah satu kebijakan ekonomi yang cukup terkenal pada masa Megawati adalah pertembuhan ekonomi sebesar 5% dari hasil dilakukannya privatisasi BUMN.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014), merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat melalui Pilpres. Menjabat sebanyak dua periode.

7. Joko Widodo (2014-Sekarang)

Tinggalkan komentar