Bangsa apa yang ingin menguasai perdagangan nusantara

Bangsa apa yang ingin menguasai perdagangan nusantara..

Jawaban :

Bangsa yang ingin menguasai perdagangan Nusantara ialah bangsa Eropa, yang diantaranya Bangsa Portugis, Bangsa Spanyol, Bangsa Belanda, dan Bangsa Inggris.

Penjelasan :

Indonesia terkenal kaya akan Sumber Daya Alamnya yang melimpah dan juga kaya akan rempah-rempahnya yang sangat berkualitas. Hal inilah yang menyebabkan banyak Bangsa Barat berdatangan ke Nusantara. Alasan pertama mengapa Bangsa Barat datang ke Nusantara ialah karena jatuhnya Kota Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani, yang merupakan tempat berdagang Bangsa Eropa untuk mendapatkan remppah-rempah. Dengan jatuhnya Kota Konstantinopel membuat Bangsa Eropa tidak mendapatkan rempah-rempah yang menjadi komoditi utama mereka. Hal ini pendorong Bangsa Eropa mulai melakukan penjelajahan Samudera untuk mencari negeri penghasil repah-rempah.

Portugis merupakan Bangsa Eropa yang pertama kali datang ke Nusantara. Kedatangan Bangsa Portugis di Nusantara dan berhasil mendapatkan rempah-rempah dengan harga murah membuat Bangsa Eropa lainnya berdatangan ke Nusantara dan berniat untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia. Yang pada akhirnya Bangsa Eropa menjajah Nusantara untuk mengambil rempah-rempahnya.

Tinggalkan komentar