Apa perbedaan budaya dan adat

Apa perbedaan budaya dan adat…

Jawaban :

Adat adalah sesuatu yang lazim dilakukan di suatu daerah dan bersifat sakral dan tetap dilaksanakan secara turun temurun. Sedangkan Budaya dapat berubah sesuai norma yang berlaku dan masih dalam batas-batas norma.

Penjelasan :

Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang lazim dilakukan di suatu daerah. Apabila adat ini tidak dilaksanakan akan terjadi kerancuan yang menimbulkan sanksi tak tertulis oleh masyarakatsetempat terhadap pelaku yang dianggap menyimpang. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Adat adalah sesuatu yang lazim dilakukan di suatu daerah dan bersifat sakral dan tetap dilaksanakan secara turun temurun. Sedangkan Budaya dapat berubah sesuai norma yang berlaku dan masih dalam batas-batas norma.

Tinggalkan komentar