Sebutkan dampak MEA bagi kebudayaan di negara Asean

Sebutkan dampak MEA bagi kebudayaan di negara Asean!

Jawaban :

Masyarakat di kawasan ASEAN akan lebih kompetitif, kreatif dan inovatif, dan menumbuhkan nilai kerjasama. Namun sisi negatifnya masyarakat akan lebih memilih menggunakan produk luar negeri, dan dapat menumbuhkan pesimisme dalam usaha.

Pembahasan :

Kebudayaan adalah gagasan, nilai, dan tindakan yang tumbuh di lingkungan masyarakat. Sedangkan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah organisasi yang dibentuk di kalangan negara-negara ASEAN untuk meningkatkan stabilitas ekonomi dan mengatasi masalah ekonomi.

Dampak positif adanya MEA bagi kebudayaan di negara ASEAN adalah:

1. Masyarakat akan menjadi lebih kompetitif, artinya masyarakat memiliki daya saing yang lebih tinggi, karena adanya MEA akan membuka peluang ekspor dan impor lebih tinggi.

2. Menjadi masyarakat yang kreatif dan inovatif, tingginya daya saing dari produk-produk dalam negeri akan menumbukan kreativitas pada masyarakat sehingga mampu menghasilkan produk-produk unggulan yang mampu bersaing di pasar luar negeri.

3. Menumbuhkan nilai kerjasama, MEA memiliki tujuan untuk menjadikan ASEAN sebagai pasar tunggal dan pusat produksi, dan tujuan tersebut bisa dicapai dengan kerjasama seluruh masyarakat di kawasan ASEAN.

Dampak negatif MEA:

1. Menjadikan masyarakat lebih memilih menggunakan produk-produk luar negeri, karena mudahnya akses masuknya barang.

2. Menumbuhkan pesimisme, tingginya daya saing tidak jarang membuat sebagian masyarakat yang menjalankan industri menjadi pesimis sehingga membuat usahanya terhenti.

Jadi, dampak MEA bagi kebudayaan negara di kawasan ASEAN adalah masyarakat di kawasan ASEAN akan lebih kompetitif, kreatif dan inovatif, dan menumbuhkan nilai kerjasama. Namun sisi negatifnya masyarakat akan lebih memilih menggunakan produk luar negeri, dan dapat menumbuhkan pesimisme dalam usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.