Sebutkan suku suku yang ada di pulau Jawa

Sebutkan suku suku yang ada di pulau Jawa…

Jawaban :

Suku yang berada di pulau Jawa :

1. Suku Jawa

2. Suku Sunda

3. Suku Betawi

4. Suku Madura

5. Suku Osing

6. Suku Tengger

7. Suku Baduy

Penjelasan :

Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia. Pulau Jawa dihuni 56,10% dari total penduduk Indonesia. Padatnya jumlah penduduk di Pulau Jawa dipengaruhi oleh banyaknya suku bangsa yang mendiaminya. Selain suku Jawa dan Sunda, ternyata ada beberapa suku bangsa lain yang tinggal di Pulau Jawa.

1. Suku Jawa
Suku Jawa menjadi suku terbesar di Pulau Jawa bahkan di Indonesia. Suku Jawa ini berasal dari tiga provinsi besar di Pulau Jawa, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

2. Suku Sunda
Suku bangsa terbesar kedua di Pulau Jawa adalah Suku Sunda. Suku ini berasal dari bagian barat pulau Jawa atau yang dikenal dengan istilah Tatar Pasundan. Wilayah ini sekarang mencakup Provinsi Jawa Barat dan Banten.

3. Suku Betawi
Suku Betawi umumnya bertempat tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Mereka ini dulunya adalah penduduk wilayah Batavia pada masa penjajahan Belanda.

4. Suku Madura
Suku Madura atau Oreng Madhura berasal dari Pulau Madura dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sama seperti Suku Jawa, masyarakat Suku Madura tergolong perantau sehingga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

5. Suku Osing
Suku Osing ini merupakan bagian dari sub-suku Jawa yang menjadi penduduk asli wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Masyarakat Suku Osing dikenal juga dengan Laros (Lare Osing) atau Wong Blambangan.

6. Suku Tengger
Suku Tengger juga merupakan bagian dari suku Jawa yang mendiami wilayah Pegunungan Tengger, yaitu kawasan Bromo dan Semeru, Jawa Timur. Masyarakat Suku Tengger juga dikenal dengan Wong Brama. Saat ini mereka banyak ditemui di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Negara apakah yang sering disebut Negeri Ginseng

7. Suku Baduy
Suku Baduy merupakan sub-suku Sunda. Masyarakat Suku Badui banyak ditemui di wilayah pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kata baduy sendiri mengacu pada penyebutan penduduk luar kepada kelompok masyarakat tersebut. Namun demikian, Orang Baduy sendiri lebih suka menyebut diri mereka Urang Kanekes, sesuai nama wilayah mereka.

Kesimpulannya, pulau Jawa memiliki banyak suku, diantaranya :
1. Suku Jawa
2. Suku Sunda
3. Suku Betawi
4. Suku Madura
5. Suku Osing
6. Suku Tengger
7. Suku Baduy