Apa dampak buruk dari menggunakan pestisida dan pupuk kimia secara berlebihan?

Apa dampak buruk dari menggunakan pestisida dan pupuk kimia secara berlebihan?

Jawaban:

Penggunaan pestisida dan pupuk kimia berlebihan akan menyebabkan pencemaran lingkungan (tanah dan air) hingga peristiwa eutrofikasi.

Pembahasan:

Pestisida dan pupuk kimia merupakan produk yang digunakan di bidang pertanian. Di dalamnya terkandung banyak ion-ion anorganik seperti fosfat, kalium, dan nitrat. Zat-zat tersebut sulit diuraikan oleh organisme pengurai, sehingga jika jumlahnya berlebih akan menumpuk di lingkungan dan menyebabkan pencemaran, baik pencemaran tanah maupun pencemaran air. Zat-zat tersebut akan ikut hanyut dan terbawa dengan aliran air hujan menuju ke perairan.

Di perairan, penumpukan ion-ion anorganik ini akan menyebabkan peristiwa eutrofikasi. Kemungkinan yang terjadi selanjutnya adalah tumbuh suburnya tanaman air, misalnya eceng gondok, dikarenakan tersedianya nutrisi tanaman air di perairan dengan melimpah. Populasi eceng gondok yang membeludak akan menyebabkan keseimbangan lingkungan tersebut terganggu.

 

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …