Mengapa bangsa eropa menjelajahi samudra

Mengapa bangsa eropa menjelajahi samudra…

Jawaban :

Alasan Bangsa Eropa menjelajahi Samudera terbagi menjadi 3, yaitu Jatuhnya Kota Konstantinopel, memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar akan rempah-rempah, dan semangat 3G.

Penjelasan ;

Pada abad ke-15, bangsa Eropa memutuskan untuk melakukan ekspedisi atau penjelajahan samudera. Penjelajahn samudera juga dikenal sebagai era the age of discovery. Portugis dan Spanyol merupakan dua negara yang pertama kali melakukan penjelajahan samudera, yang kemudian diikuti oleh Bangsa Eropa lainnya. Bangsa Eropa melakukan penjelajah samudera bukanlah tanpa sebat, berikut ini alasan dari Bangsa Eropa melakukan penjelajahan Samudera:
• Jatuhnya Kota Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani
Kota konstantinople merupakan ointu masuk pperdagnagn Asia dan Eropa. Tetapi sejak Kota Konstantinopel berhasil dikuasai oleh Turki Utsmani, jalur pperdagangan ini ditutup dan membuat Bangsa Eropa kehilangan akses untuk melakukan perdagangan rempah-rempah
• Memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar
Akibat dari tertutupnya jalur perdagangan oleh Turki Utsmani, menyebabkan terjadinya kelangkaan terhadap rempah-rempah. Inilah yang menyebabkan permintaan pasar sangat naik untuk rempah-rempah dan membuat Bangsa Eropa harus berpikir mencari jalur perdagangan lain untuk mendapatkan rempah-rempah
• Semangat 3G
Salah satu alasan Bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudera ialah motivasi 3G (Gold, Glory, Gospel). Yakni Glory untuk memburu kekayaan dan keuntungan terutama dari rempah-rempah. Glory merupakan kejayaan untuk mencari daerah kekuasaan baru. Gospel, iialah misi menyebarkan agama Nasrani ke berbagai belahan jiwa.

Baca Juga :  Sebutkan bencana yang pernah terjadi di Indonesia