Sebutkan 5 penemu dan penemuannya

Sebutkan 5 penemu dan penemuannya…

Jawaban :

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah, sebagai berikut:
1. Galileo Galilei : penemu teleskop
2. Thomas Alva Edison : penemu bohlam lampu
3. Garret Augustus Morgan : penemu lampu lalu lintas
4. Michael Faraday : penemu listrik
5. Robert Hook : penemu sel

Penjelasan :

– Galileo Galilei adalah seorang ilmuwan besar dalam bidang matematika, fisika, sains, filsuf dan astronomi. Galileo Galilei lahir di Pisa, Toscana, Italia pada 15 Februari 1564.
Berikut ini beberapa penemuan Galileo Galilei :
1. Dari hasil penelitiannya didapatkan bahwa benda berat maupun ringan sama-sama jatuh dengan kecepatan yang sama kecuali sampai batas berkurangnya kecepatan karena bergesekan dengan udara.
2. Menyempurnakan teleskop dengan membuat pembesaran lensa pertama dibuat tiga kali pembesaran dan kemudian dikembangkan hingga tiga puluh dua kali pembesaran dengan kualitas bayangan yang lebih baik. Ia kemudian membuat banyak teleskop yang diperuntukkan bagi bidang pelayaran agar dapat melihat sesuatu dari jauh.
3. Dengan teleskop yang diciptaannya Galileo kemudian mengamati benda-benda yang ada di tata surya.

– Thomas Alva Edison lahir di Ohio, Amerika Serikat pada 11 Februari 1847. Pada tahun 1877, Edison mengembangkan pemancar karbon, sebuah perangkat yang meningkatkan keandalan telepon dengan memungkinkan transmisi suara pada volume yang lebih tinggi dengan lebih jelas. Tahun berikutnya, Edison memusatkan perhatian pada penemuan lampu listrik yang aman dan murah untuk menggantikan lampu gas—sebuah tantangan yang dihadapi para ilmuwan selama 50 tahun terakhir. Dengan bantuan pendukung keuangan terkemuka, seperti J.P. Morgan dan Keluarga Vanderbilt, Edison mendirikan Edison Electric Light Company dan memulai penelitian dan pengembangan. Dia membuat terobosan pada Oktober 1879 dengan bohlam lampu yang menggunakan filamen platinum, dan pada musim panas 1880, bambu berkarbonasi sebagai alternatif yang layak untuk filamen yang terbukti menjadi kunci bohlam lampu tahan lama dan terjangkau.

Baca Juga :  Kelompok masyarakat Sakai berasal dari

– Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang digunakan di berbagai negara di dunia. Morgan menciptakan sistem lampu lalu lintas setelah menyaksikan seringnya terjadinya kecelakaan antara mobil
dengan kereta kuda.

– Listrik pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday. Penemuan berikutnya dikembangan oleh Nicholas Tesla dengan membuat generator AC bersama ilmuwan lainnya.

– Sel pertama kali diamati oleh Robert Hook pada tahun 1665. la mengamati sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana dan melihat adanya ruangan kecil yang berderet. Ruangan kecil itu dinamakan sel. Pada tahun 1839, Mathias Schleiden dan Thomas Schwann mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan dan hewan tersusun atas sel. Berdasarkan pengamatannya, mereka menyimpulkan bahwa sel merupakan unit terkecil penyusun organisme.