Siapa pencipta lampu listrik

Siapa pencipta lampu listrik…

Jawaban :

Thomas Alva Edison dapat dikatakan sebagai penemu bola lampu yang sebenarnya, tetapi kita harus mengetahui bahwa Thomas Alva Edison ini tidak menemukannya begitu saja. Jauh sebelum Edison, gagasan tentang benda terang bertenaga listrik sudah lama dikembangkan oleh penemu hebat lainnya.

penjelasan :

Salah satu penemu lampu sebelum Edison adalah Humphry Davy yang berasal dari Inggris. Pada tahun 1802, Ia mengalirkan aliran listrik pada sebuah platinum berbentuk busur yang membuatnya dapat bersinar terang. Tetapi, lampu milik Davy itu terlalu terang, cepat terbakar, dan sangat boros biaya.

Begitupun pada tahun 1840, Frederick de Moleyns dari Inggris berusaha mengembangkan lampu, tetapi kawat yang dibuat Frederick ini terlalu cepat meleleh, sehingga tidak bisa diakses masyarakat luas. Hingga seorang ahli kimia dan fisika asal Inggris bernama Joseph Swan mulai mengembangkan penerangan elektrik pada tahun 1860, tetapi yang dibuat Swan ini ternyata masih memiliki banyak kekurangan.

Melihat kekurangan tersebut, Thomas Alva Edison mulai berusaha memperbaikinya, pada 1879 Edison dan timnya, menggunakan 6000 percobaan dengan berbagai bahan untuk kawat bola lampu yang tidak cepat terbakar. Lalu, mengapa nama Edison yang paling banyak disebut? Karena berkat Edison, lampu bisa dijangkau banyak kalangan masyarakat, serta bisa digunakan secara efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published.