Apa yang dimaksud sejarah

Apa yang dimaksud sejarah…

Jawaban :

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan. Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

Penjelasan :

Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang berhubungan dengan aktivitas dan perilaku manusia. Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajaratun, yang berarti pohon kayu. Pohon dalam pengertian ini merupakan suatu simbol, yaitu simbol kehidupan. Beberapa definisi sejarah menurut para ahli yaitu
1. Edward Harlott Carr, sejarah adalah suatu proses interaksi antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya; suatu dialog tiada henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam.
2. Robert V. Daniel, sejarah ialah kenangan dari tumpuan masa silam.
John Tosh, sejarah adalah memori kolektif, sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut pada masa yang akan datang.
3. J. Bank, semua kejadian/peristiwa masa lampau adalah sejarah; sejarah sebagai kenyataan.
4. Beverley Southgate, sejarah adalah suatu studi masa lampau, suatu studi yang hasilnya secara ideal merupakan suatu penyajian masa lalu sebagaimana adanya.
5. Robin Wink, sejarah adalah studi tentang manusia, manusia dalam kehidupan masyarakat.
Dari definisi-definisi di atas, dapat kita simpulkan bahwa sejarah adalah studi tentang manusia sebagai individu maupun kelompok dalam konteks waktu dan ruang.

Baca Juga :  Julukan benua Eropa