Sebutkan 4 akibat negatif terjadinya konflik!

Sebutkan 4 akibat negatif terjadinya konflik!

Jawaban :

retaknya persatuan kelompok, perubahan kepribadian individu, hancurnya benda dan jatuhnya korban manusia, dominasi dan takluknya salah satu pihak

Penjelasan :

Konflik merupakan suatu pertentangan yang tidak dapat dicegah. Konflik mempunyai potensi yang memberikan pengaruh positif dan ada pula yang negatif di dalam interaksi manusia. Dampak negatif dari konflik adalah sebagai berikut.

1. Retaknya persatuan kelompok. Kelompok yang mengalami konflik tidak akan
dapat mempertahankan kelompokeya. Terlebih jika dalam kelompok tersebut, masing-masing anggotanya memiliki pandangan yang sangat berbeda dalam hal-hal tertentu.
2. Perubahan kepribadian individu. Pertentangan yang terjadi dalam suatu kelompok
dapat mengubah pribadi-pribadi setiap individu. Apalagi bagi individu yang merasa tertekan dengan adanya konflik tersebut. Konflik juga dapat menimbulkan kebencian yang sangat mendalam bagi seorang individu. Misalnya, anak-anak yang orang tuanya menjadi korban konflik atau peperangan. Mereka cenderung membenci pihak-pihak lawan secara mendalam dalam waktu yang relatif lama.
3. Hancurnya benda dan jatuhnya korban manusia. Konflik yang berlangsung cukup lama dapat menghancurkan harta benda manusia sampai hilangnya nyawa manusia.
4. Dominasi dan takluknya salah satu pihak. Jika, kekuatan kelompok-kelompok yang berkonflik tidak seimbang, pihak yang kuat akan menguasai yang lemah. Pihak yang lemah ini dapat takluk terhadap pihak yang kuat walaupun dengan sangat terpaksa.

Check Also

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ?

Sebutkan ada berapa yang mempengaruhi kenberagaman yang ada di negara kita, indonesia ? Jawaban : …