Sebutkan 5 dampak negatif interaksi desa-kota bagi desa!

Sebutkan 5 dampak negatif interaksi desa-kota bagi desa!

Jawaban :

Dampak negatif interaksi dasa dan kota bagi desa sebagai berikut :
1. Memudarnya kehidupan agraris, sekarang minat masyarakat desa untuk beraktivitas di sektor pertanian menurun. Upah dan hasil sektor pertanian di anggap kurang menjanjikan. Masyarakat melihat pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih menghasilkan dari pada jadi petani di desa.
2. Meningkatnya perilaku kosumtif di desa, maraknya iklan dan promosi akhir nya mendorong penduduk desa berprilaku konsumtif
3. Tenaga kerja produktif berkurang, usia produktif memilih bekerja di perkotaan karena lapangan pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih layak.
4. Terjadi nya fungsi lahan, alih fungsi lahan yaitu perubahan pengunaan lahan untuk tujuan lain, misalnya lahan pertanian di bangun pabrik, atau perumahan. Hal ini di sebabkan perkembangan kota ke arah desa, lahan di perkotaan makin sempit karena padatnya penduduk kota.
5. Tradisi dan budaya khas desa semakin memudar. Modernitas kota memengaruhi budaya penduduk desa. Arus informasi sekarang mudah di akses melalui televisi, surat kabar dan internet. Penduduk desa berpotensi meniru gaya hidup yang di tampilkan di media, secara tidak langsung perilaku ini akan mengikis tradisi da budaya yang ada di desa

Tinggalkan komentar