Tuliskan faktor faktor yg menyebabkan perubedaan karateristik antar ruangan!

Tuliskan faktor faktor yg menyebabkan perubedaan karateristik antar ruangan!

Jawaban :

Faktor faktor yang menyebabkan perbedaan karakteristik antar ruangan adalah adanya ruang-ruang yang saling melengkapi, adanya kesemppatan untuk berintervensi, dan adanya kemudahan pemindahan dalam ruang.

Penjelasan :

Interaksi antar wilayah adalah hubungan saling mempengaruhi antara dua wilayah atau lebih yang menimbulkan dampak di berbagai bidang.

Dalam interaksi antar wilayah terdapat faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan karakteristik antar ruang, yaitu:

1. Adanya wilayah yang saling melengkapi (regional complementary) terhadap ketersediaan sumber daya alam yang dimiliki. Dua wilayah yang memiliki kelebihan dan kekurangan sumber daya inilah yang memperkuat terjadinya interaksi antarwilayah untuk saling melengkapi kebutuhan, di mana masing-masing wilayah berperan sebagai produsen sekaligus konsumen.

2. Adanya kesempatan untuk berintervensi (intervening opportunity), yaitu adanya kemungkinan perantara yang dapat menghambat timbulnya interaksi antarwilayah.

3. Adanya kemudahan pemindahan dalam ruang (spatial transfer ability), yaitu kemudahan pemindahan manusia, barang, jasa, gagasan, dan informasi antara satu wilayah dan wilayah lainnya juga berpengaruh terhadap interaksi yang terjadi diantara keduanya. Kemudahan pergerakan antar wilayah tersebut berkaitan dengan jarak antarwilayah, baik jarak mutlak maupun relatif, biaya transportasi; serta kemudahan dan kelancaran prasarana dan sarana transportasi antar wilayah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka faktor faktor yang menyebabkan perbedaan karakteristik antar ruangan adalah adanya ruang-ruang yang saling melengkapi, adanya kesemppatan untuk berintervensi, dan adanya kemudahan pemindahan dalam ruang.

Tinggalkan komentar