Keadaan alam di dunia ini sangat beragam.ada gurun,Padang lamun,hutan,daratan tinggi dan pegunungan.pada beberapa wilayah pedalaman di benua terdapat gurun.seperti gurun Victoria di Australia dan gurun Sahara di afrika.gurun memiliki curah hujan rendah

Keadaan alam di dunia ini sangat beragam.ada gurun,Padang lamun,hutan,daratan tinggi dan pegunungan.pada beberapa wilayah pedalaman di benua terdapat gurun.seperti gurun Victoria di Australia dan gurun Sahara di afrika.gurun memiliki curah hujan rendah….

a. memiliki luas dan sebagian berupa pasir tandus
b. tidak terletak di sekitar garis khatulistiwa
c. wilayah di pedalaman membuat uap air yang di bawa oleh angin jatuh dan tidak sampai di gurun
d. tidak adanya sumber air untuk mendukung proses penguapan

Jawaban :

C. Wilayah di pedalaman membuat uap air yang di bawa oleh angin jatuh dan tidak sampai di gurun.

Penjelasan :

Bumi memiliki beragam ketampakan alam seperti pegunungan, perairan, perbukitan, dataran tinggi, hutan, gurun, dan lain sebagainya. Setiap wilayah memiliki ketampakan alam yang berbeda-beda. Pada wilayah pedalaman seperti gurun memiliki curah hujan yang rendah. Hal tersebut disebabkan proses penguapan di gurun tinggi dan lebih cepat dari pada presipitasi (hujan), sehingga curah hujan hanya sedikit kurang dari 250 mm/tahun. Selain itu, tanah di gurun biasanya didominasi oleh pasir yang tandus dan tidak dapat menampung air untuk cadangan proses penguapan lainnya.

Dari penjelasan tersebut, maka gurun memiliki curah hujan yang rendah karena proses penguapan di daerah gurun terjadi dengan cepat dan uap air terbawa oleh angin ke tempat lain bukan ke gurun. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.