Kenapa hiu dilarang diburu?

Kenapa hiu dilarang diburu?

Jawaban:

Berikut ini merupakan beberapa alasan untuk tidak memburu hiu:
1. Hiu adalah hewan yang sudah terancam punah.
2. Pemrosesan hiu sebagai bahan makanan manusia dilakukan secara keji.
3. Hiu bersifat berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia.

Pembahasan:

Hiu merupakan salah satu mamalia air yang memakan daging. Banyak manusia yang telah memburu hiu untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanannya dan hal tersebut telah dilarang karena beberapa alasan berikut ini:
1. Hiu menjadi salah satu hewan yang berstatus terancam punah karena banyak diburu oleh manusia. Apabila tidak dihentikan maka akan menyebabkan hiu benar-benar mengalami kepunahan. Hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan ekosistem laut karena hiu merupakan konsumen tingkat puncak di ekosistem laut.
2. Hiu dimanfaatkan sebagai bahan makanan manusia dengan cara hanya diambil bagian sirip nya saja. Pemrosesan sirip hiu tersebut dilakukan dengan keji yaitu hiu diburu dan tertangkap dalam keadaan hidup kemudian hanya diambil sirip nya dengan cara dipotong. Setelah itu, hiu dibuang kembali ke laut dalam keadaan sekarat. Lama-kelamaan, hiu tanpa sirip tersebut akan mati tenggelam.
3. Hiu sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena hiu merupakan konsumen puncak yang di dalam tubuhnya mengandung logam berat berupa merkuri. Kandungan merkuri tersebut lebih tinggi dari batas aman untuk dikonsumsi manusia. Akibatnya, apabila manusia mengonsumsi dapat mengganggu proses metabolisme tubuh.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.