Kenapa badak bercula satu langka?

Kenapa badak bercula satu langka?

Jawaban:

Beberapa penyebab langkanya badak bercula satu adalah karena perburuan liar, luas habitat asli berkurang, lambat berkembang biak, persaingan dengan hewan lain, dan mudah terserang penyakit.

1. Perburuan liar adalah penyebab utama langkanya badak bercula satu. Hal ini karena cula badak tersebut dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, dan harganya cukup mahal untuk dijual.

2. Luas habitat asli badak bercula satu semakin berkurang, karena pembangunan yang dilakukan manusia. Pembangunan itu baik untuk keperluan tempat tinggal ataupun keperluan wisata.

3. Lambat berkembang biak. Badak bercula satu hanya dapat menghasilkan satu anak dalam sekali reproduksi, dengan kurun waktu 4-5 tahun sekali.

4. Persaingan dengan hewan lain, yaitu banteng. Badak bercula satu dan banteng memiliki habitat yang sama. Selain itu, mereka juga sama-sama herbivora berukuran besar. Dan karena itu, badak bercula satu dan banteng sering memperebutkan wilayah dan sumber makanannya.

5. Mudah terserang penyakit, sehingga badak bercula satu yang ditemukan di habitat aslinya sangat mudah mati. Hal ini juga terkait dengan kondisi mereka yang sangat peka terhadap perubahan kondisi lingkungan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …

Leave a Reply

Your email address will not be published.