Mengonsumsi makanan yang kadar garam dan lemaknya tinggi bisa menyebabkan gangguan pada organ peredaran darah yang disebut?

Mengonsumsi makanan yang kadar garam dan lemaknya tinggi bisa menyebabkan gangguan pada organ peredaran darah yang disebut?

Jawaban:

Apabila kita mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan menyebabkan hipertensi, sedangkan apabila kita mengonsumsi makanan yang tinggi kadar lemaknya akan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Organ peredaran darah tersusun atas jantung dan pembuluh darah. Jantung terletak di rongga dada sebelah kiri. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah besar dan memompa darah ke paru-paru melalui sistem peredaran kecil. Apabila kedua organ tersebut tidak dijaga kesehatannya maka akan menimbulkan berbagai penyakit yang fatal seperti jantung koroner dan hipertensi.

Hipertensi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Biasanya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120. Hipertensi dapat terjadi karena mengonsumsi garam berlebih.

Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika arteri koroner tersumbat oleh timbunan lemak. Penumpukan lemak menyebabkan arteri menyempit dan membuat aliran darah ke jantung berkurang. Berkurangnya aliran darah ke jantung memicu terjadinya sesak napas. Apabila kondisi tersebut tidak ditangani maka dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …