Proses terbentuknya benua?

Proses terbentuknya benua?

Jawaban :

Benua terbentuk bermula dari adanya Pangaea yang terpecah menjadi 2 bagian, yaitu Laurasia(bagian utara) dan Gondwana (bagian selatan). Pecahan tersebut terus bergeser akibat rotasi bumi. Laurasia membentuk Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Gondwana membentuk Afrika, Antartika, Amerika Selatan, dan Australia. Berawal dari satu daratan menjadi 7 benua yang ada saat ini.

Penjelasan :

Bumi terbentuk sekitar 4.600 – 3.500 juta tahun yang lalu. Terbentuk dari lelehan material gunung berapi, yang kemudian membeku dan memadat menjadi satu darata yang sangat luas. Daratan luas tersebut disebut Pangaea. Seorang peneliti bernama Alfred Wagener mengutarakan teori pembentukan benua, yaitu:
1) Bermula dari satu benua besar -> disebut Pangaea.
2) Pangaea terpecah – > menjadi 2, Laurasia (bergeser ke Utara) dan Gondwana (bergeser ke Selatan).
3) Pecahan Pangaea bergeser membentuk benua -> Laurasia membentuk Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Gondwana membentuk Afrika, Antartika, Amerika Selatan, dan Australia.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa proses terbentuknya benua bermula dari Pangaea yang terpecah menjadi 2 bagian, yaitu Laurasia(bagian utara) dan Gondwana (bagian selatan). Pecahan tersebut terus bergeser akibat rotasi bumi. Laurasia membentuk Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Gondwana membentuk Afrika, Antartika, Amerika Selatan, dan Australia. Berawal dari satu daratan menjadi 7 benua yang ada saat ini.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.