Berdasarkan pengamatan kalian pada peta Benua Asia, Negara Rusia termasuk dalam kawasan mana? Beri penjelasan, mengapa?

Berdasarkan pengamatan kalian pada peta Benua Asia, Negara Rusia termasuk dalam kawasan mana? Beri penjelasan, mengapa?

Jawaban :

Rusia membentang luas di dua benua yaitu benua Asia (bagian Utara Asia) dan benua Eropa (bagian Timur Eropa).

Penjelasan :

Rusia adalah negara terbesar di dunia yang membentang luas di dua benua yaitu benua Asia (bagian Utara Asia) dan benua Eropa (bagian Timur Eropa).

Negara yang memiliki nama lengkap Federasi Rusia (Russian Federation) ini memiliki luas wilayah sebesar 17.098.242km2 atau sekitar 9 kali lebih besar dari wilayah negara kita, Republik Indonesia. Rusia yang secara astronomisnya berada diantara 41°-82°LU dan 19°-169°BB memiliki penduduk sebanyak 142.122.776 jiwa (2018).

Secara geografis, Rusia yang berada di dua benua ini berbatasan dengan Finlandia, Lithuania, Ukraina dan Belarus di sebelah Barat sedangkan di sebelah Timurnya adalah Laut Pasifik. Di sebelah Selatan, Rusia berbatasan dengan China (Tiongkok), Korea Utara dan Kazakhstan sedangkan di sebelah Utara Rusia adalah Samudera Arktik. Rusia juga berbatasan dengan negara Georgia, Azerbaijan, Laut Kaspia, dan Pegunungan Kaukasus di sebelah Barat Daya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Rusia berada di antara dua benua yaitu benua Asia (bagian Utara Asia) dan benua Eropa (bagian Timur Eropa).

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …