Apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi?

Apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi?

Jawaban:

Jika tidak ada tumbuhan di bumi menyebabkan tidak ada persediaan makanan, peningkatan suhu bumi, kekeringan, dan tidak adanya kehidupan.

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanannya sendiri melalui proses fotosintesis sehingga tumbuhan disebut produsen. Peran tersebut menjadikan tumbuhan sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lain yaitu manusia dan hewan (herbivora). Proses fotosintesis pada tumbuhan berkaitan dengan fungsi tumbuhan dalam kehidupan. Untuk melakukan fotosintesis tumbuhan memerlukan cahaya, air dan karbon dioksida.

Keberadaan karbon dioksida di bumi berguna untuk menahan pantulan panas dari bumi. Karbon dioksida secara alami akan digunakan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Sehingga, jika tidak ada tumbuhan maka keberadaan karbon dioksida akan semakin meningkat. Dengan meningkatkan CO2, panas yang dipantulkan bumi akan terhalang CO2 sehingga panas akan memantul kembali ke bumi. Hal ini menyebabkan suhu di permukaan bumi akan meningkat.

Air yang digunakan tumbuhan untuk fotosintesis juga dapat membantu bumi dalam menyimpan air. Air akan diserap oleh tumbuhan juga akan disimpan oleh akar tumbuhan sebagai cadangan air yang akan digunakan saat musim kemarau. Sehingga jika tidak ada tumbuhan, bumi akan mengalami kekeringan karena tidak ada persediaan cadangan air.

Fotosintesis menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat akan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan sebagai makanan bagi tumbuhan dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan. Sedangkan oksigen akan dilepaskan ke lingkungan dan digunakan makhluk hidup seperti hewan dan manusia untuk bernapas. Apabila tidak ada oksigen maka makhluk hidup tidak dapat bernapas dan menyebabkan tidak adanya kehidupan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …