Faktor yang mendorong bangsa barat melakukan tindakan tersebut karena

Indonesia terletak diantara persimpangan lalu lintas perdagangan dunia dan memiliki kesuburan tanah yang sangat tinggi, sehingga hasil buminya tidak hanya di konsumsi bangsa Asia tetapi juga bangsa Eropa. Hal inilah menjadi daya tarik bagi bangsa-bangsa barat ke Indonesia, untuk menguasai komoditas rempah-rempah. Faktor yang mendorong bangsa barat melakukan tindakan tersebut karena ….
A. rempah-rempah sangat laku di pasar dunia terutama di Eropa
B. perbedaan iklim dan kondisi tanah mengakibatkan perbedaan hasil bumi
C. rempah-rempah digunakan mengawetkan makanan, bumbu masakan dan obat-obatan
D. iklim di Indonesia memungkinkan rempah-rempah setiap hari dapat tumbuh

Jawaban :

A. rempah-rempah sangat laku di pasar dunia terutama di Eropa

Penjelasan :

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau kurang lebih 17.000 pulau dengan luas wilayah sebesar 8,3 juta km2 dan terletak pada 6° LU – 11° LS dan 95° – 141° BT. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia dan Australia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Dari letak geografis tersebut, Indonesia berpotensi menjadi poros maritim dunia karena memiliki posisi yang strategis di antara jalur perdagangan dunia dan kekayaan sumber daya alam darat dan laut yang sangat potensial guna untuk meningkatkan kondisi sosial, ekonomi masyarakat melalui penelitian, penerapan teknologi, dan meningkatkan jumlah devisa negara. Letaknya yang strategis dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki membuat Indonesia dijajah oleh bangsa Eropa sejak beberapa abad yang lalu.

Faktor pendorong bangsa Eropa menjajah dan menguasai komoditas rempah-rempah adalah sebagai berikut.
1. Keinginan mencari kekayaan (Gold). Harga rempah-rempah di Eropa sangat mahal hingga semahal emas pada abad ke-15, sehingga mencari wilayah lain yang memiliki banyak rempah-rempah dengan harga murah untuk di jual kembali atau digunakan sehari-hari.
2. Keinginan mencari kejayaan (Glory). Pada abad pertengahan jika memiliki banyak tanah jajahan, negara tersebut dianggap berjaya.
3. Keinginan menyebarkan agama (Gospel). Misi menyebarkan agama dianggap sebagai tugas suci oleh bangsa Eropa yang dipelopori oleh bangsa Portugis.
4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa faktor pendorong bangsa barat menguasai komoditas rempah-rempah di Indonesia adalah rempah-rempah sangat laku di pasar dunia terutama di Eropa. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Check Also

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu

Berdasarkan bentuk secara geografis negara ASEAN memiliki ciri yaitu… Jawaban : Berdasarkan bentuk secara geografis, …